Lama Diusul, Warga Sungai Andai Tuntut Realisasi Pembangunan Puskesmas

BANJARMASIN - Hampir 10 tahun usulan fasilitas kesehatan memadai di Kelurahan Sungai Andai, belum juga diwujudkan Pemerintah Kota Banjarmasin. Karenanya, warga di kelurahan baru ini menuntut realisasi pembangunan puskesmas yang layak.

Sejatinya, rencana pembangunan Puskemas di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara ini sudah dibuat Detail Enginneering Design (DED) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin. 

“Sampai sekarang pembangunan Puskesms Induk yang dijanjikan Pemerintah Kota tak kunjung terbangun, padahal usulan kami hampir 10 tahun,” ungkap Farid, warga Komplek Herlina Perkasa Sungai Andai, Senin (7/9/2020). 

Ditegaskannya, memang kawasannya sudah ada fasilitas Puskesmas namun masih kategori pembantu. Ini dinilai warga Sungai Andai sudah tidak layak kalau dibandingkan dengan pertumbuhan penduduknya. 

Karena itu, untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang, Pemerintah Kota wajib menyediakan fasilitas kesehatan secara optimal.

“Apalagi kawasan Sungai Andai ini merupakan kelurahan baru. Tapi dengan melihat kondisinya sangat padat masyarakatnya, sudah selayaknya memerlukan fasilitas kesehatan yang memadai," jelasnya.

Sementara itu, Masran, warga Komplek PWI RT.30 Kelurahan Sungai Andai mengungkapkan, informasinya usulan pembangunan sebuah Puskesmas itu sudah diajukan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

Artinya, sambung Masran, usulan pembangunan Puskesmas itu sudah ditetapkan secara priroritas pada 2018 kemarin. Apalagi lahannya untuk pembangunan itu sudah disiapkan dan dihibahkan, oleh H Hasbulah, Dirut CV Herlina Perkasa kepada Pemerintah Kota. Dengan demikian untuk lahan tidak memerlukan anggaran lagi. 

“Sekarang tinggal menunggu realisasi pihak Pemko Banjarmasin untuk melakukan pembangunan sebuah Puskesmas Induk Sungai Andai tersebut,” pungkasnya.[toso]

Posting Komentar

0 Komentar