Eksistensi Wisata Meningkat, Prokes Tetap Terlaksana

Eksistensi Wisata Meningkat, Prokes Tetap Terlaksana

PARINGIN - Meski sedang naik daun dan menjadi salah satu tempat wisata tujuan keluarga dari Balangan maupun luar Balangan, tidak menjadikan Wisata Pasar Racah Mampulang mengindahkan protokol kesehatan.

Wisata yang terletak di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan ini adalah wisata yang mengangkat tema tentang budaya lokal yang sudah mulai pudar.

Selain itu, Wisata Pasar Racah Mampulang juga menyediakan tempat berswafoto yang cocok untuk para instagramer, anak-anak muda dan keluarga yang tentunya bagus dan memiliki nilai estetika.

Masih dalam suasana pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung setahun lebih, tidak membuat penerapan protokol kesehatan di Wisata Pasar Racah Mampulang mengendor. Namun justru tetap dilaksanakan seperti biasanya dengan menerapkan 3M.

Syahridin, Kepala Desa Balida mengatakan, sejak pandemi Covid-19 Wisata Racah Mampulang mulai menerapkan protokol kesehatan 3M

"Kita bagi-bagi masker setiap seminggu sekali paling tidak, kemudian juga kita lanjutkan dengan membagikan masker setiap hari libur," ujarnya.

Menurut Syahridin, untuk kegiatan sehari-hari pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan serta memberikan masker bagi pengunjung yang tidak memakai atau lupa membawa masker.

"Kami juga menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik seperti di gerbang dan di beberapa titik lainnya serta ada hand sanitizer serta apabila ada pengunjung yang tidak menggunakan masker maka akan di berikan masker," jelasnya.

Kemudian untuk mencegah agar para wisatawan tidak berkerumun Syahridin mengatakan, pihaknya pengelola wisata menyediakan tempat duduk dengan kursi yang terbatas dan berjarak sehingga akan menghindari terjadinya kerumunan.

"Setiap meja kita kurangi jumlah kursinya yang awalnya 6 kita jadikan 4 yang otomatis  jadi terbatas untuk duduk," tutupnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama