Bupati Ben Lantik 85 Anggota BPD 15 Desa di Mantangai

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat melantik 85 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 15 Desa di Kecamatan Mantangai. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji digelar di halaman Kantor Camat Mantangai, Desa Mantangai Tengah, Kamis (17/6/2021).

Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota BPD yang baru  dilantik. Ia berharap anggota BPD bisa bekerjasama dengan pemerintah desa untuk kepentingan masyarakat.

“Saya minta anggota BPD yang baru saja dilantik agar mampu untuk selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan kepala desa demi tercapainya pemerintahan desa yang baik dan menyejahterakan masyarakat,” pintanya.

Ben menandaskan, agar jajaran pemerintah desa selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dalam memberikan pelayanan. 

"Selaku pelayan masyarakat, mari kita mengayomi dan berjuang serta tingkatkan terus kapasitas pribadi dan kelembagaan Pemerintah Desa, agar mampu melayani dan memenuhi kepentingan masyarakat," harap Ben.

Dalam laporannya, Kepala DPMD yang dibacakan Camat Mantangai Yubderi menyampaikan, anggota BPD terpilih ini berdasarkan hasil pemilihan 

Yakni untuk pengisian anggota BPD di 15 Desa di Kecamatan Mantangai yakni, Desa Sumber Makmur, Desa Katimpun, Desa Sriwidadi, Desa Mantangai Hulu, Desa Kalumpang, Desa Mantangai Hilir, Desa Suka Maju, Desa Sei Gawing, Desa Tarantang, Desa Sei Kapar, Desa Mantangai Tengah, Desa Harapan Jaya, Desa Pulau Kaladan, Desa Sidomulyo dan Desa Bukit Batu.

"Jumlah anggota BPD yang dilantik adalah 85, terdiri  59 Laki-laki dan 26 perempuan, Tentunya, sebagai lembaga pemerintahan desa, BPD mempunyai beberapa tugas yang salah satunya yakni menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Kegiatan pelantikan ini sendiri dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan perundang undangan serta mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bertanggung jawab,” tukas Yubderi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kapuas yang juga anggota Komisi III
DPR RI,  Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H., sejumlah kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Kapuas, kepala desa se Kecamatan Mantangai, tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat.[adv]