Cara Setting Set Top Box Agar Gambar di TV Digital Jerni

 

https://www.pexels.com/id-id/foto/anak-laki-laki-berdiri-di-depan-tv-layar-datar-1682519/

 

Pemerintah kini secara bertahap akan mengganti siaran TV analog menjadi TV digital. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan masyarakat saat menonton TV. Pengubahan TV analog ini bisa dilakukan memakai Set Top Box atau STB. Kali ini akan dibahas lebih lengkap bagaimana cara setting Set Top Box dengan benar agar bisa bekerja lancar.

Cara Mudah Setting Set Top Box atau STB

TV digital adalah media yang akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tontonan berkualitas dalam bentuk visual yang memuaskan. Agar bisa menikmati TV digital melalui perangkat TV analog, maka Anda membutuhkan STB. Pemasangan dan pengaturan STB ini ternyata tidak terlalu sulit. Sangat praktis sehingga Anda bisa menyaksikan TV digital dengan mudah tanpa hambatan.

Set Top Box adalah alat yang akan menerima siaran TV digital. Jika Anda ingin mengkonversi TV analog ke TV digital maka alat inilah yang akan memegang peranan utama. Bisa juga dikatakan bahwa STB ini merupakan receiver atau dekoder TV digital. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan dan pengaturan STB:

         Pastikan bahwa TV dalam posisi AV.

         Sesuaikan AV di TV dengan koneksi yang ada di STB, apakah AV1 atau AV2.

         Nyalakan STB.

         Tekan tombol Menu pada STB.

         Cari menu Pencarian Saluran kemudian pilih Pencarian Otomatis.

         Tunggu sampai proses pencarian saluran selesai.

         Setelah selesai, klik opsi Simpan.

Perlu dicatat bahwa tidak semua STB bisa digunakan untuk mengkonversi TV analog menjadi TV digital. Hanya STB yang sudah menerima sertifikat dari Kominfo saja yang bisa digunakan. Oleh sebab itu pastikan dulu bahwa Anda sudah memakai STB yang tepat.

Apa itu Set Top Box digital yang sudah disertifikasi Kominfo? STB ini telah mendapatkan sertifikat dan artinya memang layak digunakan. STB yang menerima sertifikat dari Kominfo ternyata juga memiliki fitur EWS atau Early Warning System. Ini merupakan fitur yang memungkinkan adanya peringatan dini melalui TV jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Selain itu, pastikan juga untuk memilih STB yang memiliki tulisan DVB-T2. Cek juga apakah di kemasannya ada tulisan Siap Digital atau tidak. Pastikan bahwa semua ini ada pada perangkat STB yang akan Anda gunakan. Jika STB-nya memenuhi standar tersebut maka akan jauh lebih mudah dan cepat untuk di-setting dan digunakan.

Kelebihan Menggunakan STB

Setelah mengetahui cara setting Set Top Box ini, Anda tentu jadi semakin penasaran apa sebenarnya keuntungan menggunakannya. Perangkat ini memang jadi salah satu kebutuhan penting di era digital seperti sekarang. Berikut adalah beberapa kelebihan pemakaian STB yang perlu Anda ketahui:

1.                Lebih Hemat Biaya

Penggunaan STB ini akan membuat Anda jadi lebih hemat biaya. Perangkat STB memungkinkan Anda untuk menikmati siaran TV digital melalui perangkat TV analog. Jadi Anda tidak perlu membeli TV digital yang baru dengan harga mahal. Cukup manfaatkan TV yang sudah ada di rumah, Anda sudah bisa menikmati saluran TV digital secara praktis.

Perlu diketahui bahwa TV digital adalah saluran TV yang bisa Anda akses secara gratis. Jadi setelah menggunakan STB nanti Ada bisa menikmati banyak saluran TV digital tanpa harus keluar biaya tambahan. Lebih hemat juga karena saluran TV ini tidak butuh kuota internet dan sudah diatur free to air alias gratis.

2.                Kualitas Gambar Jadi Lebih Jernih

Penggunaan STB akan membuat TV Anda bisa menangkap sinyal digital dengan lebih efektif. Ini akan membantu Anda mendapatkan kualitas gambar siaran yang jauh lebih jernih dan nyaman dilihat. Hal ini mungkin tidak bisa didapatkan jika Anda tidak menggunakan STB yang stabil dan bersertifikat dari Kominfo.

Jika terjadi kondisi tertentu dimana Set Top Box tidak dapat siaran, maka coba lakukan instalasi ulang. Cobalah untuk melakukan pencarian channel lagi seperti petunjuk yang sudah dibahas sebelumnya. Ini akan membantu perangkat kembali mencari sinyal dan menangkapnya lebih baik dari semula.

3.                Ada Fitur Tambahan

STB ini memungkinkan Anda untuk mengakses beberapa fitur tambahan. Misalnya saja EPG atau Electronic Program Guide. Ini merupakan fitur yang membantu Anda mengetahui acara-acara apa yang akan ditayangkan. Kemudian ada juga fitur parental lock dimana orang tua bisa memilih program mana saja yang bisa ditonton anak dan mana yang tidak.

4.                Saluran TV Lebih Lengkap

Pemakaian STB akan membantu Anda mendapatkan pilihan saluran TV yang lebih lengkap. Lewat satu perangkat saja Anda bisa mendapatkan akses ke ratusan channel TV digital. Ini akan membuat Anda punya referensi dan pilihan tontonan yang jauh lebih beragam.

Dapatkan STB Terbaik di Blibli

Tak sulit untuk mendapatkan perangkat Set Top Box ini. Anda bisa mendapatkannya melalui platform e-commerce Blibli. Sebelum melakukan pembelian, coba cari dulu referensi brand STB yang bagus dan berkualitas. Anda juga bisa langsung cek harga set top box melalui Blibli secara praktis.

STB tersedia dalam berbagai pilihan brand dan rentang harganya juga bervariasi. Pastikan Anda menemukan STB dari brand yang tepat dan harganya sesuai dengan kantong. Pembelian STB melalui platform e-commerce Blibli akan terasa jauh lebih praktis dan menguntungkan. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan penawaran promo menarik di sana.

Terapkan cara setting Set Top Box sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dibahas tadi. Jika sudah berhasil melakukan pengaturan, Anda bisa menikmati banyak pilihan channel menarik dari rumah. Fasilitas ini juga akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tontonan berkualitas dengan visual yang memuaskan.