Ini Beberapa Program Pelayanan yang Diluncurkan pada Hari Jadi Kabupaten Balangan

BUPATI Abdul Hadi menerima secara simbolis Dana CSR dari Bank Kalsel.| foto : martino

PARINGIN - Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-19 yang di gelar di halaman Kantor Bupati Balangan berjalan lancar dengan dihadiri ribuan orang, Kamis (19/5/2022).

Untuk diketahui, Hari Jadi Kabupaten Balangan sendiri sebenarnya jatuh pada tanggal 8 April, namun karena beberapa alasan maka peringatannya pun harus ditunda.

Pembukaan acara ditandai dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Balangan oleh Ketua Yayasan PPKB, HM Yusuf A. Dilanjutkan dengan pemutaran video profil progres kepemimpinan 1 tahun Bupati dan Wakil Bupati Balangan.

Beberapa penyerahan bantuan pun dilakukan dalam kesempatan ini, diantaranya CSR dari PT Adaro Indonesia beserta mitra kerja sebesar Rp12.431.108.596 serta angkutan sampah mini dump.

Kemudian penyerahan CSR Bank Kalsel tahun 2022 sebesar Rp869.000.000, CSR PT BPR Sanggam Cipta Sejahtera tahun 2022 sebesar Rp18.000.000.

Bukan hanya mendapat bantuan, Pemkab Balangan juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan tiga tempat ibadah dan bantuan sosial makan minum untuk tujuh panti asuhan. Ada juga bantuan perahu karet/fiber untuk penanggulangan bencana banjir kepada BPK.

Launching secara simbolis beberapa program SKPD lingkup Pemkab Balangan juga dilakukan, yakni program KTP-Ku Datang bagi yang baru saja memasuki usia wajib KTP, serta program layanan administrasi kependudukan bagi penduduk rentan khusus masyarakat desa terpencil.

Selain itu yang paling utama adalah dua program unggulan Bupati Balangan, program layanan home care yang merupakan program layanan kesehatan aktif jemput bola yang dilaksanakan 12 Puskesmas se-Kabupaten Balangan dan program Kartu Balangan Pintar (KBP) untuk 500 pelajar se-Kabupaten Balangan yang ekonomi keluarganya masuk kategori menengah ke bawah.

Di momen acara puncak Hari Jadi ini juga diresmikan Gedung Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Balangan serta aplikasi Batutukar. 

Aplikasi Batutukar yang sudah tersedia di play store itu sendiri, bertujuan untuk mewadahi semua pelaku UMKM Balangan untuk dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus memperluas pemasaran produk.

Bupati Balangan, Abdul Hadi disaksikan Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang turut berhadir, serta Ketua DPRD Provinsi Kalsel dan Balangan, menandatangani 13 prasasti beberapa Infrastruktur yang sudah dibangun selama satu tahun kepemimpinannya.

Abdul Hadi dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu jalannya roda pemerintahan Kabupaten Balangan selama Ia bersama Wabup Supiani memimpin.

“Meskipun masa kepemimpinan kami terhitung singkat, namun kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi Bumi Sanggam sesuai slogan hari jadi tahun ini, Bagawi Laju Banua Maju Rakyat Katuju,” tukasnya.[martino]