Tabligh Akbar Maknai Hari Jadi Tanbu 2022

Tabligh Akbar Maknai Hari Jadi Tanbu 2022

BATULICIN – Mappanre Ri Tasi E yang digelar bersamaan momen Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di setiap tahunnya, tepatnya setiap bulan April, tampak menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Apalagi event budaya ini diisi berbagai kegiatan, termasuk acara keagamaan.

Kamis (19/5/2022) malam, bertempat di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, dilangsungkan tabligh akbar dengan menghadirkan KH Muhammad Zhofaruddin atau biasa disapa Guru Udin dari Samarinda.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar menyebut malam tabligh itu merupakan malam yang sangat luar biasa.

“Berkumpulnya kita di sini adalah bentuk kecintaan terhadap Allah subhanahu wata'ala dan juga wujud kerinduan terhadap Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam. Semoga kehadiran ini akan semakin meningkatkan keimanan kita,” ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Tanah Bumbu dengan mottonya Bersujud adalah simbol untuk terus berupaya mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala.

Salah satunya adalah dengan rutin melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di setiap kesempatan, termasuk di event Mappanre Ri Tasi E.

Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Lembaga Ade Ogi Pagatan yang mengemas acara dengan baik.

Momentum budaya itu menjadi ajang untuk meningkatkan kebersamaan, kearifan lokal menjadi warisan nenek moyang yang tidak ditinggalkan namun sesuai dengan kaidah agama.

“Sesuai petunjuk para alim ulama kita menghilangkan asumsi. Namanya tidak lagi Mappanretasi atau memberi makan laut, namun menjadi Mappanre Ri Tasi E atau makan bersama di laut. Tidak ada lagi nilai syirik dalam pelaksanaanya dan semoga menjadi berkah dan keselamatan bagi kita semua,” pungkasnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama