Dinkes Kapuas Rakor Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat

SUASANA Rakor Promkes dan Pemberdayaan masyarakat Dinkes Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Rapat koordinasi (Rakor) promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, Kamis (23/6/2022).

Rakor yang difasilitasi  Bidang Kesmas Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kapuas ini dilaksanakan di Aula Hotel Raudah, Jalan A Yani, Kuala Kapuas.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Hj Tri Setyautami, MPHM dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Kesmas Martono S.Kep, MM, meyampaikan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk upaya konsolidasi dan sinergi program.

"Dalam upaya pembangunan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan efektif dan efesien melalui tenaga kesehatan khususnya Promkes dan pemberdayaan masyarakat di Puskesmas," kata Martono.

Dilanjutkannya, Promkes dan pemberdayaan masyarakat di Puskesmas tidak hanya berbicara tentang sosialiasi tetapi juga tentang advokasi dan pemberdayaan masyarakat dengan menggandeng pemangku kepentingan di level kecamatan, kelurahan dan desa.

"Sehingga melahirkan kebijakan dan aturan dengan demikian upaya kesehatan berbasis masyarakat bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab sektor kesehatan saja melainkan tugas dan tanggung jawab pemangku kebijakan, yakni camat, lurah hingga kepala desa," jelasnya. 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Kordinasi Evaluasi Promkes, Gere Pujiawan S.Kep, MM usai kegiatan menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti peserta dari tenaga Promkes dan perberdayaan masyarakat dari 26 Puskesmas di Kabupaten Kapuas.

"Tujuan kegiatan tersebut juga dalam rangka peningkatan kapasitas penangjung jawab promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di puskesmas agar meningkatkan advokasi, kerjasama lintas program dan sektor," pungkas Gere Pujiawan. 

Turut hadir dalam Rakor tersebut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2), dr Tonun Irawati dan Sub Kordinator Kesehatan Lingkungan H Samsul dan Sub Kesehatan Keluarga Maya Hugo, S.SiT MPH, sementara pelaksanaan rakor berjalan dengan lancar dan sukses.[tm/ad]