Hilangkan Keraguan, Distan Tanbu akan Beri Kartu Label Sehat pada Hewan Kurban

KABID Peternakan dan Keswan, Berkat S.ST menunjukkan kartu label sehat hewan kurban.| foto : joni

BATULICIN - Waspada penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan dilakukan Dinas Pertanian (Distan) Tanah Bumbu (Tanbu). Ini mereka aplikasikan dengan membentuk tim pengawasan.

Tim dari Bagian Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Distan Tanbu ini melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di berbagai lokasi maupun pangkalan penjualan hewan kurban.

Terlebih, saat ini sudah menjelang 
hari raya kurban, di mana hewan kurban seperti sapi diburu masyarakat untuk dijadikan sebagai hewan yang akan mereka kurbankan di hari raya Idul Adha 1443 H atau 9 Juli 2022 nanti.

"Sapi yang dijual di pangkalan yang ada di Tanah Bumbu buat hewan kurban saat menjelang lebaran idul Adha, itu kami periksa kesehatannya, dan bila sehat kami beri label sehat berupa kalung jenis kartu yang kami keluarkan," terang Kabid Peternakan dan Keswan, Berkat S.ST saat ditemui awak grapena.com di kantornya, Jumat (10/6/2022).

Dia meminta masyarakat tidak usah ragu terhadap hewan kurban yang dijual di pangkalan, seperti pangkalan Tanah Merah, Kersik Putih dan pangkalan lain-lainnya.

"Karena kami bakal keliling memeriksa kesehatannya, dan kami kasih kartu label sehat yang nanti dikalungkan ke sapi yang dijual pedagang," jelasnya.

Tim pun, lanjut Berkat, nanti saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Idul Adha akan berkeliling memeriksa, serta memastikan daging penyembelihan bebas dari PMK.

"Jadi masyarakat tak usah khawatir terhadap hewan kurban yang nanti akan dijual-jualdi pangkalan, karena akan diberi label sehat di hewan kurban yang jual-jual para pedagang," pungkas Berkat.[joni]