Kajati Kalsel Resmikan Rumah Perdamaian RJ di Desa Wanasari

BATULICIN - Rencana pendirian Rumah Perdamaian Restorative Justice (RJ) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), akhirnya terwujud. Ini ditandai dengan peresmian RJ di Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban.

Peresmian Rumah Perdamaian RJ ini langsung dilakukan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan, Dr Mukri SH MH, didampingi Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanbu, I Wayan Wiradarma. 

Juga hadir Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, Kepala SKPD Tanbu, Wakil Ketua l DPRD Tanbu, Said Ismail Kholil, Kabag Ops Polres Tanbu, serta Camat.

Menurut Kajari Mukri, keberadaan Rumah Perdamaian Restorative Justice (RJ) di Desa Wanasari ini, tentunya bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.

"Permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, apabila itu masalah hukum yang bersifat ringan, bisa langsung dibawa ke sini untuk diselesaikan dengan dimediasi oleh jaksa, yang melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat dan sebagainya, itu permasalahan yang belum masuk proses hukum," jelasnya.

Namun, lanjutnya, bila sudah masuk proses hukum, juga bisa dengan syarat ancaman hukumannya kurang dari 5 tahun. Selain itu, kerugian korban harus kurang dari Rp2,5 juta, serta ada perdamaian antara korban dan pelaku yang dihadiri kedua belah pihak keluarga, serta dari penyidik.

Mukri meminta agar Rumah Perdamaian RJ ini bisa dimanfaatkan secara efektif, dan jangan sampai tidak dimanfaatkan, karena setiap permasalahan itu bisa diselesaikan secara musyawarah. 

"Saya yakin masyarakat Tanah Bumbu ini orangnya bersifat humanis, cinta silaturahmi dan musyawarah, sehingga dengan adanya wadah ini bisa kita gunakan secara maksimal," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Zairullah mendukung penuh keberadaan Rumah Perdamaian RJ ini. Bahkan Pemkab bersama masyarakat Tanbu sangat bersyukur. adanya Rumah Perdamaian RJ ini.

Zairullah menambahkan, dengan adanya Rumah Perdamaian RJ ini, masyarakat bisa menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah dan ini bisa membuat tenteram, damai sesuai apa dicita-citakan bersama.

"Jadi kita siap mendukung Kajari Tanbu untuk lebih banyak lagi membangun Rumah Perdamaian RJ di desa-desa di Tanbu," pungkas Zairullah.[joni]