155 Desa di Kapuas Gelar Pilkades Serentak 2022

SUASANA pemungutan suara Pilkades di Desa Pulau Telo.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Sebanyak 155 desa dari total 214 desa di 14 kecamatan dari 17 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Selasa (26/7/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yanmarto sebelummya menyampaikan, di Kabupaten Kapuas total ada 155 desa yang akan menggelar Pilkades serentak terdiri dari desa-desa yang berakhir masa jabatan akhir tahun 2021 sebanyak 146 desa, dan ada 9 desa yang berakhir di Juli 2022.

Sementara itu, pantauan media ini di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat, warga terlihat cukup antusias memberikan hak suaranya pada pilkades tersebut.

"Saya lihat untuk antusias tingkat kehadiran warga cukup tinggi, sampai pukul 10.16 wib sudah hadir 263 warga yang memberikan hak suara dari 626 DPT yang di TPS 05 Desa Pulau Telo," kata Jainudin, salah satu Penitia Pilkades desa setempat.

Lanjutnya, di Desa Pulau Telo, ada 5 TPS, dengan 5 calon kades yang ikut di kontestasi Pilkades Serentak itu.

"Harapan kita proses penghitungan suara dan setelahnya tetap berjalan aman dan lancar," katanya.

Sementara itu, Hermansyah (62) salah satu warga yang memberikan hak pilih di TPS 02 di Desa Pula Telo Baru menyampaikan harapan Pilkades menghasilkan pemimpin desa yang amanah, bisa membawa perubahan dan kemajuan desa.

"Kades terpilih diharapkan membawa perubahan yang lebih baik, supaya ada peningkatan dan kemajuan, pemimpin yang terbuka dan transparan," harapnya.

Sementara itu di TPS-TPS  aparat dari kepolisian dan TNI turut mengawal pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan suara hingga selesai.[aan/adv]