Disbudpora Kapuas Dukung Pengembangan Olahraga Tradisional Manyipet

Disbudpora Kapuas Dukung Pengembangan Olahraga Tradisional Manyipet

JAJARAN Disbudpora Kapuas  saat menerima kunjungan IUB.| foto : disbudpora

KUALA KAPUAS -Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) 
Kabupaten Kapuas, Senin (6/2/2023) menerima kunjungan silaturahmi Pengurus Komunitas Itah Uluh Bakumpai (IUB) wilayah Kabupaten Kapuas.

Kunjungan ini disambut Kepala Disbudpora Kapuas yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Ivan Yulius, di Kantor Disbudpora setempat.

Kunjungan ini dalam rangka menjalin kemitraan dalam pengembangan olahraga tradisional Manyipet atau permainan menyumpit, merupakan permainan khas suku Dayak dalam unjuk kemahiran berburu binatang di hutan.

Olahraga tradisional Manyipet menjadi permainan utama yang dilombakan dalam setiap festival peringatan hari jadi, provinsi dan kabupaten/kota di Kalteng.

Kepala Disbudpora melalui Kabid Kebudayaan, Ivan Yulius menyampaikan sangat mendukung pengembangan Manyipet tersebut.

"Dan program ke depan pembinaan dan pelatihan Manyipet bagi generasi muda akan dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit Panyipet trampil, unggul dan berprestasi yang juga bertujuan  untuk melestarikan olahraga tradisional," kata Ivan Yulius.

Dilanjutkannya, salah satu kearifan lokal budaya ini tentunya menjadi potensi daya tarik wisata budaya dan menjadi wisata edukasi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama