Inovasi Silikit Manfaatkan Sosial Media sebagai Sarana Publikasi Kegiatan Kecamatan

Inovasi Silikit Manfaatkan Sosial Media sebagai Sarana Publikasi Kegiatan Kecamatan

CAMAT Juai, Nanang Edward.| foto : istimewa


PARINGIN - Kemajuan zaman dan kebutuhan informasi makin meningkat, kini masyarakat sudah memasuki era digital yang mana untuk mengakses informasi bisa sangat mudah, cukup melalui perangkat komunikasi berupa gadget. 

Musabab itulah kini penyampaian informasi kegiatan-kegiatan pembangunan daerah cukup hanya melalui platform sosial media.

Pemerintah Kecamatan Juai salah satunya, melalui inovasi Sistem Informasi Publik Digital (Silikit) yang mana semua kegiatan-kegiatan kecamatan di publis atau disebar luaskan melalui inovasi tersebut.

Camat Juai, Nanang Edward yang merupakan inovator dari Silikit menjelaskan, awal mula digagasnya Silikit adalah tahun 2021. 

Pada saat itu, Ia baru ditugaskan menjadi Camat Juai karena melihat masyarakat zaman sekarang cendrung sering menghabiskan waktu berselancar di dunia maya, maka dari itu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat perlu melalui sosial media.

"Kita sampaikan informasi melalui beberapa platform seperti facebook, Instagram dan lainnya di akun official Kecamatan Juai," jelasnya pada saat ditemui di kantornya, Senin (6/2/2023).

Ia melanjutkan, inovasi Silikit dikelola oleh tiga orang petugas khusus yang mana bertanggung jawab dalam mengupload kegiatan dan program-program dari Pemerintah Kecamatan Juai ke sosial media.

"Kita punya tiga orang petugas, yaitu yang bertugas memfoto, membuat redaksi dan editing," lanjutnya.

Nanang kembali menjelaskan, ke depan pihaknya akan merambah ke Platform Youtube dengan menghadirkan semacam podcast tentang obrolan seputar pemerintahan khususnya di Kecamatan Juai, yang direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2024 mendatang.

"Saat ini kita masih belum merambah Platform Youtube, nanti kita bakal bikin studionya dulu baru bisa mulai," tambahnya.[martino]

Lebih baru Lebih lama