DPRD Barsel Minta Wartawan dan LSM Kontrol Kinerja OPD

DPRD Barsel Minta Wartawan dan LSM Kontrol Kinerja OPD

BUNTOK – Wakil Ketua I DPRD Barito Selatan (Barsel), Hj. Nyimas Artika berharap lembaga independen seperti wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ikut melaporkan apabila ada penyelewengan yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatannya.

Menurut Nyimas, partisipasi insan pers dan LSM sangat diperlukan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, mengingat majunya suatu daerah tidak terlepas dari kontrol yang baik dari masyarakatnya.

“Sekarang ini zaman sudah terbuka, silakan sampaikan aspirasi wartawan dan LSM tentang kinerja pejabat yang diluar tugasnya,” tegasnya, Selasa (11/4/2023).

Ia meminta agar insan pers dan LSM selaku lembaga independen bisa melakukan tugasnya sebagai pemberi informasi, baik untuk Pemerintah Kabupaten maupun untuk publik.

“Dan kita siap tampung kritikan yang positif, sebab kritikan itu bisa berdampak baik untuk pembangunan Kabupaten,” ujarnya.

Selain itu, peran media massa dan LSM tentunya sangat besar dalam membantu Pemkab Barsel untuk melakukan pengawasan terhadap semua kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Karena fungsi kontrol dari media dan LSM itulah yang sangat membantu dalam memberikan informasi bagi Inspektorat, apabila ada kesalahan dilakukan setiap OPD,” tegasnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama