Jelang Lebaran, PLN Tingkatkan Pemeliharaan Guna Jaga Keandalan Jaringan

Jelang Lebaran, PLN Tingkatkan Pemeliharaan Guna Jaga Keandalan Jaringan

PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan berkomitmen untuk memaksimalkan peningkatan pelayanan dan keandalan sistem kelistrikan dalam menyambut Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Sembari menjalankan ibadah puasa, petugas PLN secara disiplin melaksanakan pemeliharaan terjadwal guna mencegah terjadinya gangguan yang dapat mengganggu pasokan listrik ke masyarakat.

Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Ivan Nur Pratama menyampaikan pihaknya telah menyiapkan posko siaga kelistrikan  untuk melakukan penjagaan dan perbaikan apabila terjadi gangguan.

"Sebanyak 541 Personel dikerahkan untuk menjaga sistem kelistrikan di wilayah Kalselteng dalam masa siaga Ramadan ini," ujar Ivan.

Ivan menambahkan, tim pemeliharaan yang tersebar di seluruh Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah tetap melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan di bulan Ramadan.

“Ibadah puasa bukan halangan bagi kami untuk tetap menjalankan kewajiban. Karena kami percaya ikhtiar kami dapat menjadi berkah bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa,” ujar Ivan.

Ivan menjelaskan, untuk mencegah terjadinya gangguan jaringan akibat petir, pihaknya melakukan pemasangan dua puluh empat penangkal petir atau Transmission Line Arrester yang tersebar di berbagai titik di jalur transmisi. 

"Selain memasang penangkal petir, kami juga melakukan penggantian isolator tower SUTT yang terdapat anomali berdasarkan hasil inspeksi sebelumnya," imbuh Ivan.

Ivan juga mengajak partisipasi masyarakat untuk turut serta mencegah gangguan kelistrikan yang diakibatkan layang-layang dan pohon. 

"Mohon bantuannya untuk dapat memberikan informasi melalui aplikasi PLN Mobile agar kami dapat langsung menindaklanjuti jika terdapat potensi-potensi penyebab gangguan,” pungkas Ivan.[]
Lebih baru Lebih lama