Digelarya FBNJ 2023 di Bartim untuk Mengenalkan Kembali Budaya dan Kesenian Daerah

Digelarya FBNJ 2023 di Bartim untuk Mengenalkan Kembali Budaya dan Kesenian Daerah

PENAMPILAN peserta pada Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023.| foto : yovan

TAMIANG LAYANG - Digelarnya Festival Budaya Nansarunai Jajaka (FBNJ) tahun 2023 bertujuan untuk menggugah ingatan, mengenalkan kembali kebudayaan dan kesenian yang pernah ada di Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Kegiatan yang digelar dari tanggal 5 hingga 7 Mei 2023 dan dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Nansarunai Tamiang Layang itupun disambut antusias masyarakat, baik itu lingkup Bartim maupun dari luar daerah yang datang area tersebut untuk menyaksikan berbagai kegiatan.

FBNJ itu diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya pameran seni, bazar kuliner serta pertunjukan kesenian dan permainan rakyat. 

Peserta FBNJ 2023 ini juga hadir dari daerah tetangga, yakni dari Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan.

"Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023 ini bertujuan untuk menggugah ingatan dan mengenalkan kembali kebudayaan kesenian yang pernah ada, tumbuh dan berkembang di Kabupaten Barito Timur," ungkap Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Minggu (7/5/2023).

Orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut berharap anak-anak dan generasi muda dapat mencintai dan menggemari berbagai kesenian dan permainan rakyat yang pernah ada sebagai warisan leluhur bangsa.

Bupati juga menegaskan bahwa acara FBNJ tersebut menjadi ajang promosi wisata Kabupaten Bartim serta untuk mengenalkan kepada para wisatawan. 

"Melalui Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini, wisatawan dapat mengenal lebih dekat kebudayaan daerah serta keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Barito Timur," tukasnya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama