E-Bapak Tani Inovasi DKP3 untuk Penyaluran dan Pendataan Kelompok Tani

E-Bapak Tani Inovasi DKP3 untuk Penyaluran dan Pendataan Kelompok Tani

SOSIALISASI pengaplikasian E-Bapak Tani oleh DKP3 Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Untuk mempermudah dalam penyaluran bantuan kepada para kelompok tani Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan membuat sebuah inovasi berbasis aplikasi Bank Data Penyaluran Bantuan ke Kelompok Tani (E-Bapak Tani) yang dibentuk pada tahun 2019 silam.

Sebelumnya inovasi E-Bapak Tani telah dijalankan di Bidang Tanaman Pangan dan Hortikutura (TPH) saja namun karena kegunaannya sangat banyak sehingga terus dikembangkan untuk seluruh bidang yang ada di DKP3.

Disampaikan oleh Heffy Andryani, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perencanaan DKP3 Balangan sekaligus inovator dari E-Bapak Tani, latar belakang terbentuknya inovasi adalah kerena sebelumnya pendataan terhadap kelompok tani yang menerima bantuan masih dilakukan secara manual membuat sering terjadi kelompok tani yang menerima doble bantuan mengingat di Kabupaten Balangan memiliki banyak kelompok tani.

"Dulu kita melakukan pendataan secara manual dan terkadang terjadi kelompok tani yang lebih dari sekali menerima bantuan," jelasnya pada saat ditemui di kantornya, Selasa (6/6/2023).

Ia menambahkan, manfaat yang didapat dari inovasi E-Bapak Tani adalah untuk mempermudah pihak DKP3 dalam menyakurkan bantuan secara cepat dan tepat sasaran untuk para kelompok tani di Balangan yang diberikan dalam dua tahun sekali.

"Manfaatnya kita bisa memberikan bantuan secara tepat untuk kelompok tani dan mengidentifikasi kelompok tani yang baru akan menerima bantuan," tambahnya.

Heffy berharap inovasi ini bisa terus dikembangkan dan dimanfaatkan sebagaimana peruntukannya demi mempermudah pihaknya dalam menjalankan tugas.

"Harapan kita inovasi ini bisa terus memberi manfaat untuk kita semua baik dari instansi maupun masyarakat," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama