Pemkab Kapuas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pemkab Kapuas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

PERINGATAN Harlah Pancasila Tahun 2023 di Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila, digelar di halaman kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (1/6/2023).

Upacara dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas serta diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas berlangsung khidmat meskipun di bawah panas terik matahari.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Drs Septedy MSi menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya di segala sendi kehidupan sehari-hari. 

Kemudian menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sekda juga menyampaikan amanat presiden untuk menggelorakan terus semangat pancasila dari sabang sampai merauke, berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban Indonesia kedepan menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya pancasila.

"Karena pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang," tuturnya.

Sesuai amanat Presiden, Ia juga menekankan agar ASN, TNI dan POLRI, untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan setia menjaga netralitas menjelang tahapan pemilihan umum serentak pada tahun mendatang.

"Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila," tuturnya.

Kemudian jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan dengan tetap mononjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan  sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika  berbaur dengan masyarakat. Dan menjaga terus sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan TNI, POLRI, serta lembaga lainnya.[aan/red]
Lebih baru Lebih lama