Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan di Desa Babai, Ini Pesan Pj Bupati Barsel

Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan di Desa Babai, Ini Pesan Pj Bupati Barsel


BUNTOK - Mendapat Informasi telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, Pj. Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan langsung bertolak menuju lokasi kebakaran di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala Kab.Barsel, Rabu (6/9/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api mulai membakar lahan dan hutan pada Selasa 5 September 2023 hingga Rabu 6 September 2023 dengan luas kurang lebih 5 hektare. Pada pukul 03.30 WIB berhasil dipadamkan oleh petugas bersama masyarakat. Lambatnya proses pemadaman api terkendala keterbatasan air, karena musim kemarau.

Usai memastikan seluruh api telah dipadamkan, Deddy menjelaskan jika kebakaran hutan dan lahan ini bisa dipadamkan berkat kerjasama seluruh pihak baik dari desa, kecamatan dan kabupaten serta masyarakat peduli api dan karang taruna setempat.

"Ke depan tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan seperti ini, terutama pada lokasi yang sulit dijangkau oleh tim terpadu pengendalian karhutla," harap Deddy.

Ia mengingatkan seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati serta tetap menjaga hutan, lahan dan pemukiman dengan baik. Juga tidak membakar lahan untuk kepentingan pribadi di saat musim kemarau, sehingga terhindar dari bencana kebakaran yang akan merugikan semua. 

Sementara itu, Kapolres Barsel, AKBP. Yusfandi Usman melalui Kapolsek Karau Kuala, Ipda Mulianto mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran ini, apakah memang murni karena musim kemarau atau ada unsur kesengajaan.[tomi]

Lebih baru Lebih lama