Berperan Penting, Bidan juga sebagai Penggerak Pembangunan

Berperan Penting, Bidan juga sebagai Penggerak Pembangunan


BUNTOK - Keberadaan bidan tentu sangat dibutuhkan di masyarakat. Bidan bahkan juga memiliki peran sebagai penggerak pembangunan, tentunya di bidang kesehatan dan khususnya kesehatan reproduksi.

"Jadi, peran bidan bukan hanya membantu persalinan, tapi juga penyuluh, pendamping  dan bahkan penggerak. Kehadiran bidan ini sangat membantu pemerintah, sebab bidan sekarang ini ada di semua desa di Indonesia, baik yang berada di wilayah padat penduduknya maupun yang terpencil di pelosok desa," terang Anggota DPRD Barito Selatan, Putri Siti Rochmawati, Kamis (26/10/2023).

Menurut Putri, bidan juga merupakan ujung tombak dari upaya peningkatan derajat kesehatan terutama kesehatan reproduksi. Dengan peran bidan tersebut, harapan hidup dan angka kematian bayi maupun ibu melahirkan terus menurun dan bisa terus ditekan.

"Saya berharap IBI Barsel bisa terus berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat mulai dari sebelum kehamilan, kehamilan, persalinan, nifas hingga kesehatan anak," pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama