Disiplin Kerja Jadi Tolak Ukur Kerberhasilan Program Pembangunan

Disiplin Kerja Jadi Tolak Ukur Kerberhasilan Program Pembangunan

BUNTOK - Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rida Sri Ahlina mengatakan, awal keberhasilan program pembangunan adalah disiplin kerja. Karena itu, hal ini harus diperhatikan dan wajib ada tindak lanjut berupa penegasan sesuai aturan terhadap pelanggarannya. 
 
Rida berharap sekaligus menyarankan agar semua kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkab Barsel dapat kiranya melaporkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara berkala, terutama untuk aparatur yang tidak disiplin. 

“Pejabat bersangkutan, diminta tidak melindungi bawahannya yang bertindak indisipliner, karena  termasuk dalam kategori pembiaran terhadap upaya optimalisasi reformasi birokrasi,” terangnya, Senin (20/11/2023). 

Ia menyarankan agar Pemkab Barsel bisa secara kontinyu membuka pelaporan kinerja pegawai dalam bentuk surat maupun laporan langsung dari kepala PD. Pemerintah berhak mengambil langkah teguran atau sanksi sesuai aturan kepegawaian yang berlaku, supaya ada efek jera terhadap pelanggaran yang dilakukan.

Legislator ini menambahkan, Pemkab Barsel juga bisa serius dalam memperketat disiplin pegawai. Hal itu, sudah pasti tercermin dalam instruksi gelaran apel pagi dan sore, serta program absensi sidik jari. 

"Melalui upaya tersebut, sistem absensi ‘titipan’ mampu dihindari, sehingga secara bertahap lahir kepatuhan aparatur terhadap kewajibannya memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama