Angkat Produk Lokal, Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Berdayakan Kaum Difabel

Angkat Produk Lokal, Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Berdayakan Kaum Difabel

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar saat mengunjungi Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar di Banjarmasin.| foto : humas bank kalsel

EKSISTENSI Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar, cukup menarik perhatian bagi dunia perbankan. Ini tak lepas dari komitmen perbankan dalam mengangkat sekaligus memajukan potensi ekonomi kreatif lokal.

Satu di antara bank yang termotivasi untuk turun mengembangkan sekaligus memajukan ekonomi kreatif lokal adalah Bank Kalsel. Tentunya hal menambah semangat bagi manajemen Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar. 

Owner Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar, Muhammad Arifin berterima kasih atas apresiasi Bank Kalsel tersebut. Setidaknya kini pihaknya bisa memiliki outlet yang lebih representatif untuk dapat menjual produk hasil olahan mereka.

“Dulunya kita berpindah-pindah tempat dan lokasinya masih sulit dijangkau, tapi sekarang dengan bantuan Bank Kalsel kita bisa menyewa outlet yang lebih representatif dan mudah didatangi oleh pengunjung,” ungkap Arifin, Selasa (6/2/2024).

Hingga sekarang yayasan ini sudah membuat berbagai macam produk khas lokal dengan nilai jual tinggi. Tidak hanya itu, yayasan ini juga membina ribuan pengrajin dan UMKM di Kalimantan Selatan untuk bisa membuat berbagai produk lokal yang berkualitas dan sesuai dengan tren pasar.

Sebelumnya pada 22 Januari 2024 lalu, yayasan yang berlokasi di Komplek Banjar Indah Permai Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini, mendapat kunjungan dari Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar.

Tidak hanya melihat berbagai pakaian sasirangan dan ecoprint hingga produk kerajinan tangan dari Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar, di momen kujungan ini mereka melihat langsung proses produksi yang dilakukan langsung oleh para difabel. 

Tentunya keberadaan yayasan ini patut diapresiasi. Pasalnya, selain mengangkat potensi kerjaninan budaya lokal, mereka juga memberdayakan kaum disabilitas.

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachruddin mengatakan, sebagai pihak perbankan yang turut memberikan bantuan melalui dana CSR kepada yayasan ini, pihaknya tentu sangat bangga dengan pencapaian yang diraih Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar ini. 

"Kami tentunya sangat bangga dengan pencapaian yang mereka lakukan hingga sekarang,” tutur Fachruddin.

Menurutnya, yayasan ini konsisten membuat berbagai macam produk khas lokal dengan melibatkan difabel hingga masyarakat sekitar. Tentunya diharapkan kolaborasi antara Bank Kalsel dengan Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar ke depan dapat terus berlanjut. 

“Diharapkan melalui kerjasama ini kita bisa terus mendorong pengrajin maupun UMKM yang ada di Kalsel dapat berkembang dan naik kelas,” harapnya.[anshari]

 

Lebih baru Lebih lama