Kendalikan Infasi, Pemkab Balangan Gelar Gerakan Pangan Murah

Kendalikan Infasi, Pemkab Balangan Gelar Gerakan Pangan Murah

ASISTEN Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Tuhalus tengah mengecek produk yang tersedia di Gerakan Pangan Murah.| foto : istimewa

PARINGIN - Pemerintah Daerah melaui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) guna tekan dan kendalikan inflasi, acara diselenggarakan di Kantor Desa Sumber Rezeki Kecamatan Juai, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini berkerjasama dengan beberapa pihak terkait seperti TP-PKK Kabupaten Balangan, Bulog Cabang Hulu Sungai Tengah (HST), PT. Wings Food, Dinas Perdagangan Balangan dan lainnya.

Acara dibuka langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus dan dihadiri oleh Kapolsek Juai, Danramil Juai, Sekcam Juai, Perwakilan TP-PKK Balangan, Kabid Ketahanan Pangan dan tamu undangan lainnya.

Disampaikan oleh Tuhalus bahwa kegiatan Gerakan Pangan Murah kali ini digelar secara serentak di seluruh indonesia dengan menggelar oprasi pasar murah.

"Ini merupakan kegiatan serentak seluruh indonesia, akan tetapi untuk di Kabupaten Balangan Gerakan Pangan Murah kali ini sudah yang ke 17 kali digelar, di tahun 2024," jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Balangan ditargetkan dilaksakan 40 kali dalam satu tahun.

"Insya Allah ini akan bertambah lagi di tahun 2024 saat anggaran perubahan, nantinya ada 18 kali setiap Gerakan Pangan Murah dan oprasi pasar juga telah kita anggarkan 47 kali," lanjutnya.

Tuhalus menyebut, Kabupaten Balangan sampai saat ini masih dalam zona hijau atau aman dalam pencegahan inflasi serta angka Indeks Perkembangan Harga (IPH) 1,6 di peringkat ke dua setelah Kabupaten Barito Kuala.

"Kabupaten kita saat ini masih berada di zona hijau dan peringkat ke dua setelah Barito Kuala," sebutnya.

Tuhalus juga menambahkan, keberhasilan kita dalam menekan infasi tidak lepas dari kerjasama anatar pemerintah daerah dengan masyarakat sehingga bantuan-bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

"Ini adalah upaya kita baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat, bantuan yang dibantukan dari pemerintah daerah baik dari Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan bisa sampai ke masyarakat," tambahnya.

Terakhir Tuhalus mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang sudah bekerjasama dalam terselenggaranya Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak ini.[martino]
Lebih baru Lebih lama