Pj Bupati Pulang Pisau Ikut Panen Raya Padi di Kawasan Food Estate, Ini Katanya

Pj Bupati Pulang Pisau Ikut Panen Raya Padi di Kawasan Food Estate, Ini Katanya

PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani menghadiri dan sekaligus mengikuti Panen Raya Padi di Kawasan Food Estate di Desa Belanti Siam Blok A, Kecamatan Pandih Batu, kabupaten setempat, Senin (1/4/2024).

Pj Bupati menyebut, kegiatan ini merupakan agenda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas teknis terkait untuk mensupport kegiatan pengembangan padi di Kabupaten Pulang Pisau. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau sendiri, kata Nunu sapaan Pj Bupati Pulang merespon dengan baik dan mendukung penuh Program Strategis Nasional Food Estate dari Pusat. 

Sebab, lanjutnya, dengan mengoptimalkan potensi yang ada khususnya pada sektor pertanian untuk melaksanakan kegiatan Pengembangan Padi berbasis Kawasan hingga saat ini, mengingat Kabupaten Pulang Pisau merupakan Lumbung Pangan ke-2 di Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Hal ini tentu kami pandang penting dilakukan karena untuk menjawab berbagai komentar terkait Program/Kegiatan Food Estate dan juga akhir ini produk beras mengalami peningkatan harga, ketersedian atau stok yang berkurang sehingga dapat menyebabkan inflasi," kata Nunu sapaan akrabnya.

Dijelaskan, Panen Raya Padi ini bertujuan untuk memacu kegiatan pembangunan pertanian Kabupaten Pulang Pisau secara khusus dan secara umum untuk Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu, ungkap Nunu, pengembangan tanaman pangan (padi) adalah salah satu strategi untuk  menyediakan pangan bagi masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah serta memperbaiki pendapatan dan taraf hidup para petani.

"Jadi, kegiatan ini bagian dari upaya Pemkab Pulpis turut andil dalam penanganan Inflasi khususnya beras, terutama pada beras lokal dan beras pera. Di momentum ini juga dilalukan menyerahkan secara simbolis bantuan Varietas Padi Unggul PB42 yang menghasilkan beras pera kepada para kelompok tani," pungkasnya.[as'ad]
Lebih baru Lebih lama