Penggunaan Dana BOS, Disdik Barsel Imbau Kepsek Libatkan Komite Sekolah

Penggunaan Dana BOS, Disdik Barsel Imbau Kepsek Libatkan Komite Sekolah

KEPALA Disdik Barsel, Syahdani.| foto : istimewa

BUNTOK - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Barito Selatan (Barsel), Syahdani mengingatkan semua kepala sekolah (Kepsek) di Barsel agar melibatkan Komite Sekolah dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

”Wajib melibatkan Komite Sekolah. Hal itu semata-mata untuk menghindari penyalahgunaan bantuan dana BOS,” tegas Syahdani, Rabu (6/6/2024).

Ia mengatakan, penggunaan dana BOS harus bisa diketahui secara jelas untuk apa saja penggunaannya. Untuk itu, hendaknya setiap sekolah membuat papan pengumuman yang kemudian dipasang pada dinding gedung sekolah.

“Tujuannya agar ada transparansi dari semua yang berkaitan dari penggunaan serta setiap adanya proses transaksi dari dana BOS,” ungkapnya.

Penting untuk diketahui, dalam setiap penggunaan dana BOS, Kepsek bisa berpegang kepada beberapa prinsip. Di antaranya penggunaan dana BOS harus tepat waktu, tepat jumlah siswa yang diajukan serta tepat sasaran dalam penggunaannya dan akuntabel.

“Saya meyakini dengan berpegang dan memegang beberapa prinsip itu, maka penyalahgunaan dana BOS tidak akan terjadi atau sengaja dimainkan oknum Kepsek,” ujarnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama