Tak Berhenti di Tengah Pandemi Covid-19

Tak Berhenti di Tengah Pandemi Covid-19

BANJARBARU - Di tengah badai wabah Corona Virus Disease atau Covid-19 yang masih melanda negeri ini, tidak membuat sebagian besar kegiatan pembelajaran terhambat. 

Sebagaimana arahan Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, pendidikan vokasi pertanian harus terus berjalan dalam upaya mencetak petani milenial. 

“Dengan sistem pembelajaran jarak jauh, pendidikan tetap bisa berjalan meskipun kita sedang mengalami pandemi Covid-19. Justru ada hikmah yang bisa kita ambil bahwa arah pendidikan memang harus menuju sistem edukasi 4.0,” ujar Dedi dalam keterangan pers, Rabu (15/4/2020).
 
Pembelajaran secara online ini salah satunya adalah dorongan untuk tetap belajar. Ini juga berlaku di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru,l yang tetap semangat melaksanakan pembelajaran secara online.

Salah satunya adalah tetap melaksanakan ujian PKL jarak jauh atau online.

Pelaksanaan ujian magang ini harus dilaksanakan, sebab sebelumnya siswa telah melaksanakan dan menyelesaikan bimbingan konsultasi penyusunan laporan magang dan kemudian dilanjutkan dengan ujian PKL secara online. 

Di ujian magang yang biasanya dilakukan secara tatap muka ini harus dilakukan dengan media online oleh para guru kepada siswa kelas XI TP. 2019/2020, yang kemarin telah menyelesaikan magang dan bimbingan magang.

Menurut Airin Nurmarita selaku Wakasek Kesiswaan SMK-PP Negeri Banjarbaru, tujuan ujian PKL ini adalah menguji dan melatih siswa untuk memaparkan hasil PKL yang diperoleh langsung di tempat magang dan mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi terkait keterampilan yang didapat dan kondisi di lapangan.  

Selain itu, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Suherman bahkan turut menguji PKL siswa secara online, meski berada di tengah kesibukan beliau bekerja.

“Ternyata siswa tetap antusias mengikuti Ujian PKL ini walaupun tanpa harus bertemu langung ”face to face”," paparnya. 

Ujian online ini selaras juga dengan kebijakan pemerintah untuk meniadakan proses pembelajaran secara tatap muka. Ini mengacu pada maklumat pemerintah tentang larangan untuk berkumpul dalam jumlah besar dan perlunya penerapan physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19.[willy]

Lebih baru Lebih lama