Cegah Covid-19, Kades Dirgahayu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

KOTABARU - Upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, terus dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Kotabaru. Satu di antaranya dilakukan Pemerintahan Desa Dirgahayu, Jumat (12/6/2020).

Bersama aparatur desa, Kepala Desa (Kades) Dirgahayu melakukan penyemprotan disinfektan di Jalan SUPM Gang Samudera, RT.15 dan RT.16.

Menurut Kades Dirgahayu, Bahdiannor SH, penyemprotan disinfektan ini dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap di setiap wilayah Rukun Tetangga (RT). Giat disinfeksi dijadwalkan setiap hari Jumat.

"Ini merupakan salah satu upaya kita mencegah penyebaran Covid-19. Kami selalu berkoordinasi dengan Camat sebelum melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap RT. Kita juga membagikan masker kepada warga," terang Kades yang akrab disapa Andai ini.

Bahdiannor mengaku terus mengimbau warga untuk selalu menjaga pola hidup sehat, menggunakan masker, hindari kerumunan dan mengonsumsi vitamin.

Sementara itu, Camat Pulau Laut Utara, Khairil Fajri sangat mengapresiasi kegiatan disinfeksi yang dilakukan Desa Dirgahayu. Desa lain juga mungkin melakukan giat serupa.

"Melihat kurva perkembangan Covid-19 di Kotabaru meningkat. Untuk itu kita imbau kepada seluruh Kepala Desa untuk eksis dalam rangka menjalankan protokol kesehatan," kata Khairil.

Secara berkala kepala desa dan lurah melakukan disinfeksi, serta sosialisasi lingkungan untuk menghindari dan mencegah penyebaran virus Corona. 

"Kami berharap masyarakat mematuhi apa yang sudah ditetapkan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan, gunakan masker saat beraktivitas, cuci tangan, dan jaga jarak," pungkasnya.[zainuddin]