Dianggap Mampu Sikapi Covid-19, Desa Ini Dicanangkan jadi Kampung Tangguh Banua

Dianggap Mampu Sikapi Covid-19, Desa Ini Dicanangkan jadi Kampung Tangguh Banua

BATULICIN - Pencanangan Kampung Tangguh Banua yang terletak di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang dilakukan Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, Rabu (17/6/2020).

Ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Sudian, sekaligus penandatanganan bersama Kapolres dan Dandim 1022/Tnb.

Desa Batulicin Irigasi merupakan salah satu desa yang dijadikan kampung tangguh banua, dikarenakan keberhasilannya dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19. 

Tak hanya itu, desa ini juga dianggap memiliki kemandirian baik dari segi ketahanan pangan masyarakat, posko relawan, dapur umum hingga posko kesehatan.

Kesigapan tim relawan Desa Batulicin Irigasi tersebut diaggap mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Desa ini dinilai menyediakan beberapa inovasi, di antaranya dengan menyediakan tempat isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana, screening room, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan desa Batulicin Irigasi memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman jangka pendek maupun panjang. Juga sektor peternakan ayam, kambing dan sapi serta perikanan air tawar.

Selain itu, desa ini juga telah menyediakan rumah singgah sebagai posko induk yang tidak berjauhan dengan posko kesehatan. Kemudian rumah isolasi dan menyiapkan lahan pemakaman sekaligus relawan yang memakamkan, apabila ada warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Kampung Tangguh Banua merupakan kerja sama tiga pilar, yakni Pemkab Tanbu, TNI dan Polri yang mana bersinergi dalam hal pencegahan dan penanganan, serta kemandirian dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Sudian menyambut baik dan sangat mengapresiasi program Kampung Tangguh Banua yang digagas Polres dan Kodim 1022 bersama pihak terkait lainnya.

“Keberadaan Kampung Tangguh Banua ini sebagai upaya penanganan Covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong, apalagi saat ini. Bukan hanya ancaman virus corona yang kita hadapi, namun muncul ancaman akan kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi ini,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, melalui momentum pencanangan Kampung Tangguh Banua ini, Ia mengajak semua pihak terkhusus masyarakat Desa Batulicin Irigasi agar dapat memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah untuk ditanami tanaman holtikultura yang cepat menghasilkan.

"Jadi, ketika terjadi ancaman kelangkaan kebutuhan pangan di masa pademi Covid-19 ini, kita dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan masyarakat di sekitar kita,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tanbu AKBP Sugianto Marweki turut mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan New Normal. Hal ini agar masyarakat senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah pusat maupun daerah.

Senada, Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto juga mengingatkan masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar.

Di momen pencanangan ini, Bupati Sudian didampingi Kapolres dan Dandim menyerahkan bantuan bibit sayuran kepada Kepala Desa Batulicin Irigasi. Selanjutnya juga diserahkan bibit cabai oleh Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah kepada Ketua TP PKK Desa Batulicin Irigasi.[joni]
Lebih baru Lebih lama