Perbanyakan Thicoderma, BBPP Binuang Gelar e-learning Bertani on Cloud

Perbanyakan Thicoderma, BBPP Binuang Gelar e-learning Bertani on Cloud

BINUANG - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang mendapatkan kesempatan untuk mengisi materi pelatihan E-learning Bertani On Cloud volume 19.

Pelatihan yang digelar di BBPP Binuang, Kamis (18/6/2020) ini merupakan buah dari bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian (Kementan). 

Bertani on cloud kali ini mengambil tema "Perbanyakan Thicoderma", dengan pemateri widyaiswara BBPP Binuang Susmawati SP MP dan Amalia Rosya SP M.Si, serta dipandu oleh moderator Septiana SP MP. 

Pelatihan ini diikuti ribuan partisipan dari seluruh Indonesia dengan aplikasi Zoom cloud meeting, Facebook, dan YouTube Live Streaming

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya dalam kesempatannya saat membuka pelatihan ini menyampaikan terima kasih kepada BBPP Binuang, terutama pada Widyaiswara yang telah turut mengisi materi.

"Trichoderma sangat bermanfaat dalam dunia pertanian. Thicoderma merupakan salah satu trobosan inovasi terhadap insektisida Nabati," terangnya.

Ia mengharapkan peserta pelatihan bertani on cloud dapat mengaplikasikan perbanyakan Thicoderma setelah mengikuti pelatihan ini.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kuniawati M.Si saat menutup kegiatan pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Puslatan Kementan yang telah memfasilitasi pelatihan ini. 

"Kami tidak akan pernah berhenti memberikan ilmu dibidang pertanian, melalui E-learning Bertani On Cloud dan Bimtek Wisatani (Widyaiswara Sapa Kostratani)," ucapnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi memaparkan, sejumlah aksi dan upaya Kementan dalam mengantisipasi pasca pandemi Covid-19.

Salah satunya dari segi penguatan SDM Pertanian pertama melalui program Kostratani atau Komando Strategis Pembangunan Pertanian yang ada di kecamatan.

“Kostratani ini ibarat menu lengkap, dari on farm (hulu) hingga off farm (hilir) pertanian tidak lepas dari peran Kostratani, dan semua berbasis IT," ujar Dedi.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama