Penyuluh Pertanian dan Distan HST Gelar SL Budidaya Padi Proyek IPDMIP

Penyuluh Pertanian dan Distan HST Gelar SL Budidaya Padi Proyek IPDMIP

BARABAI - Desa Hawang merupakan salah satu desa sasaran proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) dan merupakan wilayah kerja BPP Limpasu.

Sekolah Lapang (SL) Budidaya Padi  telah dilaksanakan mulai 8 Juli dan berakhir 15 September 2020.  Selama kegiatan dilakukan 12 kali pertemuan di setiap minggu. SL sendiri diikuti anggota Kelompok Tani Maju Bersama.

SL merupakan salah satu elemen pendekatan yang digunakan dalam proyek IPDMIP untuk meningkatkan produktivitas dan jasa pertanian dalam rangka mencapai peningkatan pendapatan pertanian di daerah irigasi.

Fasilitator yang memberikan materi pada kegiatan SL adalah Penyuluh Pertanian Lapangan, Petugas POPT, Petugas Balai Benih dan Penyuluh Swadaya.

Humairi yang merupakan salah satu fasilitator pada kegiatan ini, Selasa (15/9/2020) mengatakan, SL Budidaya Padi ini bertujuan agar petani yang berada di daerah irigasi Baruh Hawang nantinya mampu menerapkan berbagai teknologi usahatani padi sehingga menghasilkan produktivitas tinggi dapat menunjang peningkatan produksi secara berkelanjutan.

Materi SL mengenai budidaya padi mulai dari pengolahan tanah sampai panen. 

“Peserta juga dibekali kemampuan untuk mengukur kandungan hara N, P, K dan pH tanah dengan menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS),“ pungkas Humairi.[adi]


Lebih baru Lebih lama