Peringati Hari Tani Nasional, Bupati Balangan Serahkan Bantuan untuk Poktan

PARINGIN - Untuk memaknai peringatan Hari Tani Nasional (HTN) di Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan sekaligus bersilaturahmi, Bupati Balangan, Ansharuddin membagikan secara simbolis bantuan ke sejumlah kelompok tani (Poktan) di kecamatan Halong, Kamis (24/9/2020).

HTN yang diperingati setiap tanggal 24 September ini dilatarbelakangi penetapan Undang-Undang nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang mengatur tentang dasar-dasar dan ketentuan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria nasional di Indonesia.
      
Dalam kegiatan tersebut, Bupati Ansharuddin menegaskan,  perayaan Hari Tani dilaksanakan hari ini sebagai upaya menghargai profesi petani sekaligus sebagai upaya menyatukan gerak dan arah meningkatkan kinerja sektor pertanian ke depan.

“Di masa pandemi Covid-19 ini agar  kita bisa saling bahu membahu dalam memberikan energi dan dukungan untuk sektor pertanian, memberikan dukungan kepada para petani dan terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian,” jelas Ansharuddin.

Ansharuddin menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini pertanian Indonesia bisa menyumbang hasil kinerja yang lebih dari capaian yang sudah ada selama ini.

“Pertanian menjadi pilar utama Negara, dimana Negara bisa kuat jika lahir kekuatan ekonomi yang baik dan ekonomi yang baik ditandai dengan pertanian yang maju,” tegas Ansharuddin.

Berdasarkan data yang dihimpun penulis, saat ini sektor pertanian mampu tumbuh positif dari 5 sektor penyumbang ekonomi nasional lainnya.

Di saat ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 5,3 persen, pertanian menjadi satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan 2,19 persen (year on year).

Berdasarkan data BPS, Pada Agustus 2020, Nilai Tukar Petani (NTP) mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni sebesar 100,65 atau 0,56 persen (m to m).

Kenaikan juga terjadi pada Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) Agustus 2020 sebesar 100,84 atau naik 0,31 persen (m to m). Baik NTP maupun NTUP pada Januari - Agustus secara keseluruhan terus membaik, yaitu berada di angka 101,21.

Kinerja tersebut membuktikan, pada masa pandemi Covid-19 petani menjadi pahlawan yang menjaga perekonomian nasional.

Adapun bantuan yang diserahkan  tersebut berupa Benih Jagung Hibida sebanyak 15 kilogram per hektare untuk Kelompok Tani Manuntung I Desa Binuang Santang, Corn Seller sebanyak 1 Unit untuk Kelompok Tani Mekar Manis Desa Tabuan dan 1 Unit Semprotan Elektrik untuk Kelompok Tani Mawar 1 Desa Binuang Santang.[susmawati]

Posting Komentar

0 Komentar