Maknai HTN 2020, BBPP Binuang Launching Pasar Tani IA Mart

BINUANG - Ada pemandangan yang berbeda sekaligus menarik di depan kantor Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Sabtu (26/9/2020).

Dari jauh kelihatan ada banyak orang yang sepertinya sedang melakukan traksaksi jual beli layaknya di pasar. 

Ternyata di depan kantor tersebut sedang dilakukan launching Pasar Tani IA Mart untuk pertama kalinya. Kegiatan ini sekaligus menandai peringatan Hari Tani Nasional (HTN) 2020. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatan ini menyampaikan, Pasar Tani IA Mart ini diagendakan rutin dibuka untuk umum setiap pekan pada hari Sabtu pagi sampai siang. 

Pasar Tani IA Mart ini diharapkan sebagai ajang untuk memasarkan produk-produk pertanian BBPP Binuang dan juga untuk menyediakan kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan pertanian bagi masyarakat sekitar, bahkan pembeli yang lalu lintas di depan Balai.

Pasar Tani IA Mart sedianya menjual produk-produk pertanian dari lahan praktik BBPP Binuang, seperti bermacam sayuran, buah, tomat, kacang tanah, benih sayuran dan biji bunga matahari, termasuk produk olahan dari Balai seperti sari nanas, serbuk jahe, jamu kunyit dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Pasar Tani IA Mart juga menjual produk dari lab agensia hayati berupa trichoderma cair dan PGPR. Pasar Tani IA Mart juga membuka lapak bagi petani sekitar untuk memasarkan produk pertanian. Ini tentunya akan memudahkan petani menjual hasil pertaniannya. 

Ke depan, lanjutnya, juga diharapkan akan semakin banyak kontribusi dari para petani atau kelompok tani, P4S dan instansi pertanian terkait untuk berkolaborasi di Pasar Tani IA Mart.

Pada kesempatan lain, peringatan Hari Tani Nasional yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan) di halaman Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Kantor Pusat Kementan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dalam upaya memajukan sektor pertanian.

Sebagai informasi, Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun ini, peringatan HTN mengangkat tema "Pertanian Andalan Nasional Di Tengah Pandemi Covid 19". 

Sektor pertanian merupakan sektor strategis yang mengedepankan kepentingan bersama dalam berbangsa dan bernegara.[tota]

Posting Komentar

0 Komentar