BPP Pegatan Siap Mendukung Program Kostratani

KASONGAN - BPP Pegatan merupakan salah satu BPP di Kabupaten Katingan dengan wilayah kerja Kecamatan katingan Kuala. Kecamatan ini hanya dapat ditempuh melalui perairan pun rute yang umum dilalui, yaitu dari Kabupaten Kotawaringin Timur tepatnya di Pelabuhan Samuda.

Memang akses jalan darat menuju ibukota Kabupaten Katingan, Kasongan, belum terbuka karena masih hutan dan topografi rawa. Kalau ditarik panjang lurus berjarak sekitar 150 kilometer. 

Namun demikian, tidak mengurangi semangat penyuluh dan petani dalam mensukseskan program besar Kostratani. Justru karena kondisi demikian dan susahnya sinyal telekomunikasi, malah menjadikan dorongan untuk membuktikan kemampuan.

“Kami sangat terbuka dan menyambut baik program Kostratani. Semoga dengan program ini dapat memberikan informasi pihak luar bahwa Katingan Kuala mempunyai potensi besar,” Tegas Mario, Kepala BPP Pegatan, Selasa (6/10/2020).

Susilo Astuti Handayani, penyuluh pertanian dari Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP mengimbau agar BPP Pegatan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar ketika perlengkapan sudah diterima, tidak kaget dan dapat segera berlari melaksanakan kegiatan yang bermanfaat.

“Persiapan dilakukan bukan hanya kemampuan SDM penyuluh, tetapi juga fasilitas BPP, kualitas data pertanian dan luasnya sasaran program,” jelasnya.

Sebelumnya, Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian menjelaskan, kehadiran program Kostratani menuntut pada peningkatan sarana dan prasarana penyuluh seperti perbaikan kantor BPP, kendaraan operasional penyuluh dan perangkat teknologi informasi. 

Selain itu, juga peningkatan kapasitas penyuluh pertanian melalui pelatihan tematik, dan kelembagaan serta penyelenggaraan penyuluhan pertanian juga akan diperkuat.

Oleh karena itu, penyelenggaraan Kostratani dilakukan di Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP, akan berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. 

"BPP akan menjadi center of excellent semua aktivitas pertanian,” imbuhnya dalam berbagai kesempatan

Dengan Kostratani, lanjutnya, semua fungsional di kecamatan juga akan bergerak dan berperan, tidak hanya penyuluh pertanian, tetapi juga fungsional lainnya seperti mantri tani, POPT, petugas medik veteriner, paramedik veteriner, petugas penjaga pintu air, termasuk partisipasi tentara.[kahfi]

Penulis : kahfi

Posting Komentar

0 Komentar