Ke Desa Terpencil, Puskesmas Tebing Tinggi Intervensi Keluarga Sehat

PARINGIN - Puskesmas Tebing Tinggi mengunjungi dan sekaligus melakukan kegiatan intervensi keluarga sehat di Desa terpencil yang berada di Dusun Panikin, Desa Mayanau, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Selasa (22/12/2020).

Akses yang sangat sulit dilalui membuat para petugas kesehatan harus berjibaku dengan lumpur saat menuju Dusun Panikin Desa Mayanau yang berada di pegunungan Meratus.

Salah satunya Muzni Fadhillah, Tenaga Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Desa Puskesmas Tebing Tinggi. 

Ia mengatakan, pihaknya bersama tim dari Tenaga Kesmas, Gizi, Bidan, dan Analis kesehatan Puskesmas Tebing Tinggi melakukan kunjungan sekaligus melakukan kegiatan intervensi keluarga sehat di Desa terpencil.

"Kegiatan kali ini kami menyusuri perkampungan yang ada dipegunungan Meratus salah satunya Dusun Panikin Desa  Mayanau, di mana akses menuju desa tersebut sangat sulit dilalui," ungkapnya.

Dalam perjalanan menuju Desa terpencil itu, pihaknya harus menempuh satu jam perjalanan dengan mengunakan motor roda dua, selain akses penuh lumpur juga medan  yang sulit dilalui. Pihaknya bersama Tim Kesehatan  tersebut bertujuan melakukan kegiatan intervensi keluarga sehat periode akhir tahun 2020.

"Di mana yang masih menjadi masalah kesehatan disana adalah masih banyak rumah tangga yang tidak memiliki jamban sehat dan masalah sarana dan prasarana air bersih sangat sulit didapat masyarakat Dusun Panikin," terangnya.

Ia berharap melalu kegiatan yang dilakukan Puskesmas Tebing Tinggi tersebut bisa memberikan edukasi dan pemahaman terkait pentingnya kesehatan. Ia juga mengharapkan jalan akses menuju Dusun Panikin bisa diperbaiki, agar akses menuju desa mudah dijangkau.[agus]