Pemenang Pilkada, Bupati Edy: Putra Terbaik Kalteng

BUNTOK - Siapapun yang nantinya terpilih sebagai pemenang hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), mereka adalah putra terbaik bangsa. 

Hal ini disampaikan Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ketika dibincangi awak media saat meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Buntok, Rabu (9/12/2020).

Dalam lawatannya ke sejumlah TPS, Eddy Raya didampingi seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Eddy mengakui, Pilkada kali ini tentu berbeda dengan Pilkada sebelumnya, karena setiap masyarakat yang menggunakan hak pilihnya harus mentaati protokol kesehatan serta menyesuaikan jadwal waktu pencoblosan yang telah ditentukan oleh panitia TPS masing-masing. 

"Apapun alasannya, kita semua yang hadir ke TPS ini wajib mematuhi aturan dan mentaati protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya penambahan cluster baru korban Covid-19 di wilayah kita," ujar Bupati.

Eddy juga berharap, pemenang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 ini mampu membawa Kalteng menjadi lebih baik dan bermartabat.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barsel, Suwono SH mengatakan, jika pihaknya harus melakukan pengawasan yang sangat ketat terhadap pelaksanaan Pilkada kali ini. 

"Kali ini memang berbeda dari pelaksanaan sebelumnya karena tidak bisa di pungkiri, sebab saat ini kita dihadapkan dengan masalah pandemi Covid-19," urainya.

Ditambahkannya pula bahwa setiap warga yang menggunakan hak pilihnya, selain menunjukkan undangan model C, serta menunjukkan KTP warga Kalteng.

"Jadi bagi warga kita yang tidak bisa menunjukkan ktp-nya sebagai warga Kalimantan Tengah tentu tidak dapat menggunakan hak suaranya," tegas Suwono.[zulkifli]