Bagikan 8.761 Sertifikat, 2021 BPN Balangan Target 4.500

Bagikan 8.761 Sertifikat, 2021 BPN Balangan Target 4.500

PARINGIN - Sebanyak 8.761 sertifikat tanah gratis diserahkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan kepada warga. Penyerahan secara simbolis diwakili beberapa orang di Aula Benting Tundakan Kantor Bupati Balangan, Selasa (5/1/2021).

Kepala Kantor BPN Balangan, Didik Prasetyo Widianto mengatakan, sertifikasi tanah tersebut adalah hasil yang diterbitkan kantor BPN Kabupaten Balangan pada 2020.

“Ada sekitar 8.761 sertifikat telah kita selesaikan yang terdiri dari 1.200 sertifikat retribusi dan 7.561 PTSL," tuturnya.

Dalam program tersebut, pihaknya menargetkan sampai tahun 2025, sehingga semua bidang tanah di Kabupaten Balangan dapat bersertifikat dengan gratis.

Selain itu, sertifikat yang diterima masyarakat tersebut kiranya bisa digunakan sebagai bukti kepastian hukum kepemilikan tanah, dan seperti yang disampaikan oleh presiden sebagai salah satu syarat modal usaha.

Menurut Didik, program sertifikat tanah gratis ini akan dilanjutkan pada 2021 dengan target 4.500 bidang tanah.

Salah satu penerima sertifikat tanah gratis, Ahmad warga Desa Lasung Batu menyampaikan rasa terima kasih terhadap pemerintah dalam hal ini BPN Balangan karena mempermudah untuk memiliki sertifikat tanah secara gratis.

"Alhamdulillah saya mendapatkan sertifikat tanah jenis kebun karet secara gratis. Kalau dulu ada ongkos jalan, sekarang gratis samasekali, serta program ini sangat membantu saya dan warga lainnya," pungkasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama