Diterjang Banjir, 13 Desa di Balangan Terendam

PARINGIN - Laporan sementara yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, sedikitnya ada 13 Desa dari dua kecamatan yang terndam banjir, dan merendam sebanyak 1.154 rumah warga, Kamis (14/1/2021).

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, melalui Kasi kedaruratan Muhammad Syuhada menyampaikan, untuk laporan sementara yang dirilis BPBD Balangan di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Tebing Tinggi dan Awayan ada sekitar 13 desa terdampak banjir.

"Untuk Kecamatan Tebing Tinggi, ada 7 desa yang terndam sedangkan di Kecamatan Awayan ada 6 Desa yang terendam. Sementara  jumlah keseluruhan  sekitar 1.154  rumah warga terndam banjir," tuturnya.

Sementara untuk Kecamatan Tebing Tinggi yang terdampak banjir sebanyak 622 rumah yakin, Desa Mayanau, Desa Gunung batu, Desa Sungsum, Desa Ju'uh, Desa Simpang Bumbu'an, dan Desa Tebing tinggi.

Sedangkan untuk Kecamatan Awayan, dari 532 rumah yang terdampak Desa Putat Basiun, Desa Pasar Awayan, Desa Badalungga, Desa Badalungga Hilir, Desa Pulantan, dan Desa Muara jaya.

"Penyebab banjir dikarenakan curah yang tinggi di daerah pegunungan sehingga membuat meluapnya air sungai yang ada di ada di  daerah pegunungan di kecamatan tebing tinggi. Sekitar Pukul 06:45 Wita, air menggenangi jalan serta rumah warga juga tempat ibadah dan sekolah yang ada di sekitar dekat sungai," jelasnya.

Sedangkan untuk banjir yang terjadi di Kecamatan Awayan merupakan air banjir kiriman dari kecamatan Tebing Tinggi.

Sekitar Pukul 08:30 Wita, air menggenangi jalan serta rumah warga juga tempat ibadah dan sekolah yang ada di sekitar dekat sungai.

"Sementara ketinggian banjir bervariasi antara 50 sentimeter hingga 1 meter," pungkasnya.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar