Gelombang Pertama, 14.680 Vaksin Covid-19 Tiba di Kalteng

PALANGKA RAYA - Sebanyak 14.680 vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (5/1/2021). Belasan ribu vaksin itu disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Kalteng.

"Perlu diketahui, 14.680 dosis vaksin gelombang pertama yang datang ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan di 14 kabupaten/kota se-Kalteng," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul.

Rencananya ribuan dosis vaksin itu, lanjutnya, akan didistribusikan nantinya ke kabupaten dan kota pada tanggal 8 hingga 12 Januari nanti.

"Sedangkan untuk hari pelaksanaan pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan gelombang pertama masih menunggu keluarnya otorisasi penggunaan darurat oleh Badan POM," bebernya.

Seperti diketahui, Pemprov Kalteng mendapatkan alokasi dari Pemerintah Pusat sebanyak 1,6 Juta dosis vaksin Covid-19.

Suyuti menguraikan, nantinya 1,6 juta dosis itu setelah dikurangi anak-anak, usia lanjut dan pasien yang sudah sembuh, itu akan mengcover sekitar 80 persen total populasi masyarakat Kalteng.

"Untuk gelombang pertama ini  diberikan kepada tenaga medis, kemudian aparat TNI Polri, petugas pelayanan publik dan populasi masyarakat yang berumur antara 15 hingga 59 tahun," tukasnya.[kenedy]

Posting Komentar

0 Komentar