Kapuas Bersiap Sambut Vaksin Covid-19

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas tengah melakukan persiapan menyambut kedatangan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas, Apendi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Try Setya Utami menyampaikan, vaksin Covid-19 saat ini sudah tiba di Provinsi Kalimantan Tengah.

Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi terkait pendistribusian vaksin ke Kabupaten Kapuas.

"Informasi terakhir kami terima vaksin ini akan dikirimkan ke Kabupaten Kapuas tanggal 10 Januari 2021 ini," kata dr Try, Jumat (8/1/2021).

Pihaknya pun kini sudah melakukan berbagai persiapan diantaranya penyediaan gudang farmasi yang berlokasi di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Selat. Juga telah disiapkan mesin pendingin sebagai tempat penyimpanan vaksin.

"Di mana disitu telah tersedia kulkas vaksin, setelah kami hitung kapasitasnya dapat menampung 1.600 vaksin," ungkap Try.

Kendati demikian, saat ini pihaknya belum bisa merinci jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kapuas, namun dipastikan seluruh Puskesmas di Kapuas telah memiliki kulkas vaksin sendiri.

Untuk petugas vaksin atau vaksinator juga dipersiapkan, yang mana saat ini tengah mengikuti pelatihan dari pusat yang dilakukan secara online.

“Nantinya setelah pelatihan ini, mereka akan mentransferkan ilmunya kepada timnya di puskesmas masing-masing,” jelas Try.

Menurutnya, sebagaimana petunjuk dan kebijakan pemerintah pusat vaksin terlebih dahulu akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes).

"Baik itu nakes yang bekerja di instansi pemerintah, klinik swasta,  praktik pribadi serta tenaga penunjang kesehatan lainnya," tutup Try.[zulkifli]

Posting Komentar

0 Komentar