Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Sejumlah Daerah di Kalteng

PALANGKA RAYA - Sabtu (9/1/2021) vaksin Covid-19 telah didistribusian ke seluruh Kabupaten dan Kota se- Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pelepasan pendistibusian vaksin tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Suyuti Syamsul di depan Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng.

Pelepasan pendistribusian vaksin itu dilakukan langsung oleh Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto. 

Amanat Gubernur yang disampaikan Suyuti Syamsul mengatakan, dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 perlu dilakukan upaya khusus tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan namun juga melalui upaya pemberian vaksin. 

"Pemprov Kalteng pada tanggal 5 Januari 2021 lalu telah menerima sebanyak 14.680 dosis (8 koli, red) vaksin Covid-19," ucapnya.

Vaksin yang diterima yakni berjenis Sinovac. Pada tahap pertama, jelasnya, vaksin akan diberikan kepada kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19, yakni seluruh tenaga kesehatan serta penunjang fasilitas pelayanan kesehatan dan petugas tracing kasus vaksin Covid-19. 

"Pada tahap berikutnya meliputi petugas pelayanan publik esensial sebagai garda terdepan yakni TNI, Polri, Satpol pp dan petugas pelayanan publik transportasi serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama," urainya.

Suyuti mengutarakan, untuk proses vaksinasi akan dilaksanakan setelah dikeluarkannya otorisasi penggunaan darurat oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang dilakukan secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dan vaksinator yang terlatih. 

"Kita berharap pengiriman vaksin Covid-19 dapat tiba ditempat tujuan sesuai yang telah dijadwalkan," imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan dan aparat TNI-Polri yang turut serta mengawal pendistribusian vaksin Covid-19 sehingga pada saatnya nanti dapat dilaksanakan vaksinasi secara serentak dan menyeluruh. 

Ditambahkan, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, pendistribusian dilakukan antara tanggal 8 hingga 11 Januari 2021 ke wilayah-wilayah Kabupaten dan Kota.

Di Kalteng, bebernya, pendistribusian terbagi menjadi dua gelombang, yakni pendistribusian untuk gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2021 dan pendistribusian untuk gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021. Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan jalur darat dan udara.

Untuk Kabupaten Gunung Mas dan Murung Raya, pendistribusian dilakukan melalui jalur udara. Sedangkan, untuk Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Pulang Pisau, Kapuas, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Barito Selatan, Barito Timur dan Barito Utara menggunakan jalur darat.

"Jalur udara Gunung Mas sama Murung Raya. Untuk Daerah lainnya melalui jalur darat semuanya," tukasnya.

Turut hadir pada pelepasan itu, diantaranya Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedy Prasetyo, Kajati, Mukri, Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar dan Kepala Perangkat Daerah terkait.[kenedy]

Distribusi Vaksin 
- Palangka Raya : 2.290
- Katingan : 799
- Kotawaringin Barat : 1.280 
- Kotawaringin Timur : 1.543
- Sukamara : 480 
- Lamandau : 607
- Gunung Mas : 682
- Barito Selatan : 910 
- Barito Timur : 776
- Kapuas : 1.687 
- Barito Utara : 1.016
- Seruyan : 988
- Pulang Pisau : 682
- Murung Raya : 940 

Total vaksin sebanyak 14.680 dosis yang dimasukkan dalam 8 koli.

Posting Komentar

0 Komentar