Vokasi Kewirausahaan, Bekali Petani Milenial

RANTAU - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang mengawali Tahun 2021 ini dengan menggelar Pelatihan Vokasi Kewirausahaan sekaligus 2 angkatan. 

Pelatihan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari 28 hingga 30 Januari 2021. Peserta berasal dari berbagai kabupaten dari provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. 

Pembukaan pelatihan dilaksanakan di Lapangan Upacara BBPP Binuang. Pelatihan Vokasi Kewirausahaan dibuka secara resmi oleh Kordinator Bidang Penyelenggara Pelatihan, Ramadhani Kurnia Adhi SP MS mewakili Kepala BBPP Binuang. 

Turut hadir dalam acara pembukaan Fungsional Widyaiswara, Sub Kordinator Penyelenggara Pelatihan dan pegawai. 

Kordinator Bidang Penyelenggara Pelatihan dalam sambutannya menyampaikan, agar peserta benar-benar serius mengikuti pelatihan dengan baik, karena pelatihan ini juga bagian dari seleksi peserta magang Jepang. 

Peserta yang terpilih nantinya akan diajukan untuk mengikuti Program Magang Jepang atau Program Specified Skilled Workers (SSW).

Koordinator Akademik, Tota Totor Naibaho SP MP menjelaskan, pelatihan ini sangat penting untuk menumbuhkembangkan minat jiwa entrepreneur untuk petani-petani milenial kita dan berharap mereka bisa melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang di sektor pertanian. 

Adapun materi pelatihan yang diajarkan selama pelatihan berlangsung adalah Membangun Jiwa Entrepreneur; Dasar-dasar Kewirausahaan; Pengembangan Ide Usaha Agribisnis; Peluang Ekspor Indonesia; Pertanian Modern diharapkan materi pelatihan bisa membantu peserta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. 

Untuk membekali peserta persiapan program magang Jepang, peserta juga diberikan materi tentang Pengenalan Budaya dan Bahasa Jepang. 

Selama pelatihan peserta akan mengikuti pelatihan dengan disiplin yang tinggi, mulai dari disiplin waktu, pembelajaran sampai disiplin saat makan bersama di kantin.[rilis]

Posting Komentar

0 Komentar