Perdana, Lansia di Kabupaten Kapuas Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan setempat mulai melakukan vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia), Selasa (13/4/2021).

Vaksinasi bagi lansia ini perdana, dan untuk dosis 1 dilaksanakan pada 5 tempat, yakni di Rumah Sakit Umum Daerah  dr H Soemarno Sosroadmodjo Kapuas, Puskesmas (PKM) Selat, Puskesmas Melati, Puskesmas Pulau Telo dan Puskesmas Panamas.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi, SKM diwakili Kasi Surveyland dan Imunisasi, Buray, SKM ketika ditemui saat meninjau kegiatan vaksin di Puskesmas Selat menyampaikan, sesuai dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan target Vaksin Covid-19 dibagi menjadi 4 Puskesmas atau PKM dan 1 Rumah Sakit.

“Kementerian Kesehatan mengimbau target sasaran vaksin untuk Lansia harus terpenuhi karena masyarakat yang sudah lansia sangat rentan mengalami kondisi sekarang ini,” ujarnya.

Diterangkannya, bahwa Vaksin Covid-19 yang diterima Kabupaten Kapuas sebanyak 3000 vaksin.

Dari jumlah tersebut Dinas Kesehatan mengalokasikan untuk lansia dan pelayanan publik terutama guru.

"Untuk masing-masing Puskesmas atau PKM dialokasikan sebanyak 150 vaksin," jelasnya.

Dinkes, berharap agar target sasaran vaksin untuk lansia maupun sasaran lainnya tercapai sehingga Kabupaten Kapuas secara terus menerus mendapatkan suplai vaksin dari pusat.

"Kepada yang telah menjalani vaksin diimbau agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, sebab imunisasi dalam tubuh itu perlu waktu dan proses, jadi tidak instan," imbaunya.[adv]