PTK di Kapuas Terima Vaksinasi, Ini Harapan Kadisdik

KUALA KAPUAS - Sebanyak 658 orang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) mulai jenjang TK/Paud, SD, SMP dan SMA/SMK yang bertugas di Kecamatan Selat telah menerima Vaksin Covid dosis 1 dan 2, vaksinasi dosis 2  pada Sabtu, 3 April 2021 lalu di di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas, Senin (5/4/2021) menyampaikan, sedikitnya ada 300 PTK di wilayah Kecamatan Selat menunggu giliran berikutnya untuk divaksinasi.

"Insya Allah setelah menyelesaikan vaksinasi bagi PTK di Kecamatan Selat akan dilakukan juga di kecamatan lainnya dalam wilayah Kabupaten Kapuas," kata Suwarno.

Menurut Kadisdik, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas ketersediaan vaksin bergantung dari yang diberikan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi.

“Harapan kami dengan pemberian vaksinasi dosis pertama dan kedua, PTK akan lebih siap menyongsong pembelajaran tatap muka (PTM) Paling tidak pada Penilaian Akhir Semester atau Ujian Akhir Sekolah telah dilakukan secara luring (luar jaringan)," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia pelaksanaan PTM tetap menerapkan protokol kesehatan dan berpedoman pada delapan daftar periksa.

Dijelaskannya, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021 nanti diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas. 

"Dalam SKB 4 Menteri dinyatakan pula bahwa vaksinasi terhadap PTK paling lambat Juni 2021," pungkasnya.[tommy]