PON XX Papua: Jateng Ikuti 35 Cabang Olahraga

Atlet-atlet taekwondo Jawa Tengah yang dipersiapkan berlaga di PON XX Papua, Oktober mendatang. | Foto: Donny Susanto.

SEMARANG - Tim Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) Jawa Tengah, hingga saat ini terus mempersiapkan 450 wakilnya, yang akan berlaga pada PON (Pekan Olahraga Nasional) XX di Papua.

Dalam even olahraga empat tahunan itu, atlet-atlet Jawa Tengah bakal turun di 403 nomor pertandingan, 44 disiplin dari 35 cabang olahraga.

PON XX Papua yang berlangsung mulai 20 Oktober hingga 4 November 2021, direncanakan menggelar sebanyak 37 cabang olahraga.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Humas KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Jawa Tengah, Darjo Soyat di Semarang, baru-baru ini.

"Semua sedang menjalani pelatihan intensif. Untuk emas, kami menargetkan perolehan 44 medali", ungkap Darjo Soyat.

Ia menjelaskan secara rinci, kaitan antara jumlah atlet, cabang olahraga serta banyaknya medali emas yang dibidik.

"Mereka diklasifikasikan sesuai potensi dan peluang masing-masing", tuturnya.

Klasifikasi pertama, unggulan satu, terdiri dari tujuh cabang olahraga. Pada kelompok ini, setiap cabang olahraga ditarget mampu memperoleh minimal tiga medali emas.

Klasifikasi kedua, unggulan 2A, meliputi delapan cabang olahraga, diproyeksikan merebut paling sedikit masing-masing dua medali emas.

Klasifikasi ketiga, unggulan 2B, yang berlaga di tujuh cabang olahraga, dibebani target masing-masing minimal satu emas.  

Sedangkan klasifikasi keempat, unggulan tiga, terdiri dari 15 cabang olahraga, diharapkan bisa menyumbangkan medali emas, perak atau perunggu.

Dengan demikian, menurut Darjo Soyat, apabila rencana itu dapat berjalan dengan baik, maka kontingen Jawa Tengah akan membawa pulang sebanyak 21 + 16 + 7 = 44 medali emas.[sahrudin]


Posting Komentar

0 Komentar