Penerimaan Tenaga Kerja Kontrak Harus Berpihak Pada Putera dan Putri Daerah

Penerimaan Tenaga Kerja Kontrak Harus Berpihak Pada Putera dan Putri Daerah

PARINGIN - Peranan Tenaga Kontak di Pemerintah Kabupaten Balangan sangatlah diperlukan dalam setiap SKPD untuk membantu para ASN dalam menjalankan tugasnya dan yang terpenting adalah mengurangi angka pengangguran di Balangan.

Pemkab Balangan berharap penyerapan tenaga kontrak di instansi pemerintahan setempat lebih berpihak kepada putra-putri daerah.

Disampaikan langsung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi, saat dikonfirmasi awak media terkait efisiensi anggaran belanja yang cukup banyak digelontorkan untuk tenaga kerja kontrak di Pemkab setempat.

Dikatakannya, memang banyak tenaga kerja kontrak dari luar Balangan dengan skill masih rata-rata dan lulusan SLTA sederajat.

Padahal, jelasnya, ribuan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan serta ratusan Sarjana yang merupakan putra dan putri daerah, sementara angkatan kerja hanya berkisar 2 persen yang bisa ditanggungkan oleh pemerintah daerah.

"Untuk perekrutan Aparatur Sipil Negara atau Calon Pegawai Negeri Sipil, memang menggunakan sistem online nasional atau umum, sehingga wajar ketika warga dari berbagai wilayah luar pulau bisa bersaing di Balangan," jelasnya.

Akan tetapi terkait tenaga kerja kontrak, itu merupakan kebijakan daerah setempat, harusnya lebih berpihak kepada putra-putri daerah.

"Oleh karena itu kita menghendaki supaya para tenaga kontrak ini kita utamakan putera daerah, setidaknya lebih berpihak dan mengayomi penduduk lokal," imbuhnya.

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi terhadap para tenaga kerja kontrak yang ada di instansi-instansi pemerintahan di Bumi Sanggam ini.[martino]


Lebih baru Lebih lama