DP3A Beri Pelatihan Kader PATBM

DP3A Beri Pelatihan Kader PATBM

PARINGIN - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Balangan memberikan pelatihan bagi kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), di aula I Bappeda Kabupaten Balangan, Rabu (28/7/2021).

Pelatihan dibuka Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan, Megawati Ulfah. Ia mengatakan, sudah menjadi kewajiban bersama untuk melindungi, memenuhi dan mendukung hak-hak anak.

"Yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat anak, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ucapnya.

Kegiatan diikuti oleh kader dari empat desa, Desa Suryatama Kecamatan Halong, Desa Tampang Kecamatan Lampihong, Desa Gunung Manau Kecamatan Batumandi dan Desa Gulinggang Kecamatan Juai.

Ditemui usai kegiatan, Megawati berharap dengan pelatihan ini para kader dapat membantu masyarakat, khususnya dalam perlindungan agar tidak ada lagi kekerasan terhadap anak.

Di tempat yang sama, Kepala DP3A Balangan, Noor Aspariah menjelaskan, tugas pokok dan fungsi para kader ini adalah menjalankan fungsi sosial. Jika di desa ada kekerasan terhadap anak, maka yang berperan melakukan pendampingan adalah kader PATMB.

"Misalnya ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka harus didampingi, dirujuk ke kepolisian," ucapnya.

Jika kekerasan yang terjadi sampai melukai fisik, Aspariah menyampaikan kader PATMB yang mendampingi untuk dirujuk ke Puskesmas.[adv/martino]


Lebih baru Lebih lama