Identifikasi dan Penumbuhan P4S di Tiga Kabupaten Ini

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) fokus dalam peningkatan kapasitas SDM Pertanian. Salah satunya pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S). 

Untuk mewujudkan hal tersebut, dilakukan melalui upaya identifikasi dan penumbuhan P4S di wilayah Kalimantan. Identifikasi dan penumbuhan P4S merupakan serangkaian kegiatan.

Ini dimulai dari identifikasi, fasilitasi untuk menumbuhkan kesadaran dan minat pelaku utama dan/atau pelaku usaha melalui pemberian pengetahuan baru tentang maksud, tujuan dan manfaat P4S dan kebutuhan pelatihan sampai terbentuknya kelembagaan yang memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan.

“Dengan SDM pertanian yang berkualitas, kita akan meningkatkan produktivitas pertanian,” tegas Mentan Syahrul.

Kepala Badan PPSDMP, Prof Dedi Nursyamsi menambahkan, pertanian tidak berhenti walaupun di tengah serangan Covid-19, memberikan spirit tersendiri bagi petani. 

“Petani, P4S dan Penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, baik di lapangan maupun di manapun berada,” jelas Dedi.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang sebagai pembina dari P4S di wilayah kerjanya terus melakukan identifikasi dan penumbuhan di beberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S. 

Identifikasi dan penumbuhan ini untuk memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya.

Kegiatan indetifikasi dan penumbuhan P4S dilakukan di beberapa wilayah, salah satunya untuk periode 1 dilakukan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Tanah Laut. 

Kegiatan identifikasi dan penumbuhan ini dilakukan pada tanggal 14 hingga 17 Juli 2021.
Tampak hadir dalam kegiatan ini Retno Hermawan (Widyaiswara), Agus Sumantri (Sub Program dan Kerjasama), dan M Husni thamrin (Ketua FK P4S Kalimantan Selatan).

Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi Dinas Kabupaten di wilayah yang dituju, kemudian berkunjung ke P4S yang dituju.

Adapun P4S yang dikunjungi, yaitu untuk Kabupaten Tanah Laut (P4S Tuntung Pandang, P4S Ushuludin, P4S Alam Subur, P4S Sri Tanjung), Kabupaten Banjar (P4S Bina Budi Petani), dan Kabupaten Tanah Bumbu (P4S Sekar Rahayu Agro).

Menurut Retno, Identifikasi dan Penumbuhan P4S merupakan serangkaian kegiatan dimulai dari identifikasi, fasilitasi untuk menumbuhkan kesadaran dan minat pelaku utama dan/atau pelaku usaha melalui pemberian pengetahuan baru tentang maksud, tujuan dan manfaat P4S.

"Dan juga kebutuhan pelatihan, sampai terbentuknya kelembagaan yang memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya," ujar Retno.

Kegiatan identifikasi dan penumbuhan ini dilakukan pada tanggal 14 sampai 17 Juli 2021 di Kabupaten Tanah Laut (P4S Tuntung Pandang, P4S Ushuludin, P4S Alam Subur, P4S Sri Tanjung), Kabupaten Banjar (P4S Bina Budi Petani), dan Kabupaten Tanah Bumbu (P4S Sekar Rahayu Agro).[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar