Abdul Hadi Harapkan PPKM di Tingkat Desa Lebih Aktif

Abdul Hadi Harapkan PPKM di Tingkat Desa Lebih Aktif

PARINGIN - Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, Pemkab Balangan melaksanaan Apel Kesiagaan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Balangan yang di gelar di Lapangan Kantor Pemkab Balangan, Jumat (13/8/2021).

Dalam Apel tersebut turut berhadir Bupati Balangan, Unsur Forkopimda, Tim Satgas Covid Balangan, seluruh camat di Balangan, seluruh kepala desa dan lurah di Balangan serta tamu undangan lainnya.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengatakan, tujuan dari diadakannya kegiatan apel, yang mana menghadirkan seluruh kepada desa dan lurah di kabupaten Balangan untuk mengoptimasi penerapan PPKM level 3 di tingkat desa yang saat ini sedang di berlangsung.

"Seperti kita tahu di kabupaten Balangan sendiri kasus Covid-19 sedang meningkat dan kita sudah memasuki PPKM level-3," terangnya.

Ketua Satgas Covid-19 Balangan ini menambahkan, pemerintah sudah melakukan semaksimal mungkin untuk penanganan Covid-19, di antara kesiapan rumah sakit, kesiapan tenaga kesehatan, kesiapan oksigen dan lain lain.

"Pemerintah daerah sudah melakukan banyak hal diantaranya kesiapan rumah sakit, kesiapan nakes, kesiapan oksigen dan kemudian Sosialisasi kita tentang protokol Covid," tambahnya.

Dengan menghadirkan Kepala Desa dan lurah dari seluruh desa di kabupaten Balangan, tentunya agar bisa menegaskan bahwasnya penerapan PPKM level 3 bukan hanya sekedar formalitas belaka tetapi harus diterapkan dengan sebenar-benarnya. 

"Penerapan PPKM level-3 ini bukan hanya sekedar memasang spanduk dan menyerap anggaran Refocusing," jelasnya.

Ia juga menjawab kekhwatiran pemerintah desa tentang penggunaan anggaran desa hasil Refocusing senilai 8% untuk penanganan Covid-19 di tingkat desa.

"Berdasarkan arahan dari Polres Balangan dan Kejaksaan Balangan, silahkan serap dan gunakan dana itu, tidak masalah selama untuk penanganan Covid-19," tegasnya.

Abdul Hadi juga berharap PPKM di desa bisa lebih aktif sebagai garda terdepan di tingkat RT, serta untuk mencegah agar Kabupaten Balangan statusnya tidak meningkat ke PPKM level 4.

"Kita mau PPKM ini aktif di setiap desa sebagai garda terdepan di tingkat RT untuk penanggulangan Covid-19 di kabupaten Balangan supaya kita tidak masuk level 4," tutupnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama