Negeri Atas Awan di Bumi Sanggam

KABUPATEN yang berdiri sejak 7 April 2003 yang berjuluk "Bumi Sanggam" ini seakan tak habis-habisnya menyuguhkan sejumlah destinasi wisata alam nan indah dan terkesan menarik untuk di kunjungi para wisatawan.

Kali ini ada sebuah Objek Wisata nan berkaitan dengan ketinggian dan petualangan yaitu sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Gunung di Pulau Jawa untuk merasakan sensasi bak negeri di atas awan, karena di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Balangan juga menyuguhkan hal tersebut.

Adapun nama dari bukit tersebut adalah Bukit Balawanai yang terletak di antara dua desa yaitu Desa Puyun dan Desa karya Kecamatan Halong Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan kisaran ketinggian 284 MDPL, menjadikan bukit ini sebagai salah satu solusi dan media latihan bagi para Wisatawan yang baru ingin berkenalan serta berkecimpung di dunia pendakian, Karena suguhan Trek yang terbilang cukup mudah dan tidak terlalu memakan waktu serta tenaga.

Untuk menuju Objek Wisata Bukit Balawanai kalian memulai perjalanan dari Kota Paringin yang merupakan Kota Kabupaten Balangan menuju Kecamatan Halong dengan jarak 26.8 Kilometer, kemudian setelah sampai di bundaran Kecamatan Halong ambil arah kiri menuju Desa Karya dan terus ke Objek Wisata Balawanai sekitar 5.2 kilometer.

Dalam perjalanan menuju Puncak Bukit Balawanai kalian masih bisa mengunakan sepeda motor melewati Jalan Usaha Tani (JUT) dengan pemandangan kebun karet warga kemudian melewati jalan tanah biasa hingga sampai di tempat parkir Bukit Balawanai.

Dan biaya yang harus di keluarkan untuk mendaki Bukit Balawanai terbilang sangat terjangkau kalian hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk parkir kendaraan serta 5.000 rupiah untuk perorangan.

Selepas itu barulah kalian memulai Hiking memasuki pintu rimba, untuk kontur trek dari Bukit Balawanai adalah tanah dan menanjak, tetapi meski menanjak untuk mempermudah perjalanan kalian, dari pihak pengelola membuat petakan yang membentuk anak tangga serta pos berupa tempat duduk dari kayu sebagai tempat beristirahat memulihkan tenaga untuk menuju puncak.

Sembari menerabas rimba hingga sampai  ke puncak kalian akan merasakan sejuknya hutan Perbukitan Balangan yang menenangkan, kemudian Puncak Balawanai yang luas sangat cocok untuk camping melepaskan penat setelah menjalankan rutinitas dunia pekerjaan.

Di sarankan untuk mendaki ketika hari libur Sabtu dan Minggu, tetapi bagi kalian yang ingin mendapatkan ketenangan tanpa ada rombongan pendaki lain kalian bisa mendaki pada hari Senin hingga Jum'at karena di hari hari tersebut Bukit Balawanai terbilang sepi.

Jika kalian melakukan pendakian di sore hari kisaran jam 5 kalian akan beruntung bisa menyaksikan proses tergelincir nya sang Surya di cakrawala dengan gradasi warna kuning, oranye, ungu hingga malam yang tentunya sangat bagus untuk bersua foto mengabdikan momen.

Setelah mendapat sunset nan indah di sore hari, di pagi harinya kalian akan di suguhi kembali sunrise yang tak kalah cantiknya, melihat matahari yang mulai mengintip dari balik cakrawala di atas barisan pegunungan Meratus tentunya menjadi momen yang tak terlupakan, serta hamparan awan nan menambahkan kesan seakan berada di atas negeri kayangan.

Yang terpenting sebelum memulai pendakian Pastika logistik yang kalian bawa mencukupi untuk asupan tubuh, karena dalam berkegiatan olahraga di luar ruangan khusus pendakian memerlukan tenaga lebih ketimbang kegiatan olahraga lainnya, kemudian di tunjang dengan fisik yang sehat dan mental yang kuat.[adv/martino]


Posting Komentar

0 Komentar