Cegah Penyalahgunaan Senpi, Polisi di Kapuas Ikuti Tes Psikologi

KUALA KAPUAS - Puluhan personel Polres Kapuas mengikuti tes psikologi berkala yang diperuntukan bagi mereka yang saat ini sudah memegang senjata api (senpi) dinas, kegiatan dilaksanakan tim Bag Psi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (29/9/2021).

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh personel Polri yang menyimpang dari aturan yang berlaku. 

Kegiatan dilaksanakan di Aula Tingang Menteng Panunjung Tarung Mapolres Kapuas, dibuka Kabag Psikologi biro SDM Polda Kalteng Kompol Merson Masluhadi didampingi Kabag SDM Polres Kapuas AKP Suyatno.

Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia AKP Suyatno, menyebutkan ada sebanyak 54 personel Polres Kapuas dan Polsek jajaran yang mengikuti tes psikologi tersebut.

"Jumlah personel yang mengikuti tes psikologi pemegang senpi dinas dan berkala yaitu 54 orang dengan rincian perwira sebanyak 14 orang dan bintara 40 orang," kata AKP Suyatno.

Kegiatan ini, lanjutnya, dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui tingkat konsistensi dan kondisi kejiwaan personel pada pelaksanaan tugas Kepolisian guna meminimalisir terjadinya pelanggaran dan penyalahgunaan senpi.

"Melalui tes ini juga dapat mengetahui kondisi psikologi apakah yang bersangkutan layak atau tidak untuk dipinjam pakaikan senjata api organik," ujarnya.

Kemudian, untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadian personil. Kegiatan tes psikologi ini juga dilaksanakan secara berkala guna menjaga profesionalitas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.[zulkifli]


Posting Komentar

0 Komentar