Maksimalkan Antisipasi Dini Wabah DBD

Hj Mukarramah | foto : jon

PALANGKA RAYA - Untuk mencegah meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD) yang kerap kali menyerang anak-anak usia sekolah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui dinas terkaitnya untuk lebih memaksimalkan berbagai upaya dalam pencegahannya.

Dikatakan anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah, jika Pemkot dalam hal ini Dinas Kesehatan harus lebih memaksimalkan langkah antisipasi dini terhadap wabah penyakit seperti DBD ini. 

Pasalnya, wabah seperti ini kerap kali muncul di musim penghujan seperti saat ini.

"Pemerintah kota harus sudah bisa melakukan upaya pencegahan mulai dari sekarang, saat masa peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan saat ini. Semakin cepat upaya pencegahan dilakukan, maka akan semakin baik," kata Legislator dari Fraksi Partai NasDem itu, Jumat (1/10/ 2021).

Selain itu, ia mengingatkan kepada dinas terkait untuk lebih masif lagi dalam melakukan sosialisasi bahaya penyakit DBD.

Cara pencegahannya, pengunaan bubuk abate, serta mengajarkan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. 

Ia pun mengimbau masyarakat untuk melapor ke Puskesmas maupun rumah sakit terdekat jika mengetahui ada warga atau kerabatnya yang terkena DBD.

"Maksimalkan juga peran Puskesmas yang ada di setiap Kelurahan, informasi ini sangat penting bagi pemerintah demi meningkatkan upaya pencegahan melalui pendataan dan pemetaan lokasi mana saja yang dinilai rawan akan terjadinya penyebaran DBD," tukasnya.[jon]


Posting Komentar

0 Komentar